Wujudkan Santri Sehat, Pesantren Condong Gelar Program Vaksinasi untuk Santri

Santriwati berfoto usai melakukan vaksinasi (Dok. Condong Online)

CONDONG-ONLINE.COM, Tasikmalaya Senin, (9/8/2021) ratusan santriwati Pondok Pesantren Riyadul Ulum Wadda’wah Condong berkumpul di Auditorium untuk melakukan Vaksinasi. Program vaksinasi ini menjadi bentuk ikhtiar Pemeritah dan Pondok Pesantren untuk melindungi para santri dari penyebaran Virus Covid-19. Penyelenggara kegiatan ini sendiri adalah DEMA Sekolah Tinggi Ilmu dan Budaya Islam (STIABI) Riyadlul Ulum di bawah pengawasan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dan Puskesmas Kersanagara.

Pelaksanaan vaksinasi rencananya akan dilakukan bertahap. Sebelumnya, pihak pesantren telah menginformasikan para wali santri untuk mengisi formulir vaksinasi bagi santri.

”Sampai hari ini sudah ada 1.000 lebih santri yang mendaftar untuk mendapatkan vaksin, serta 800 santri yang sudah mendapatkan izin dari orang tua dan telah dicetak suratnya untuk siap divaksin.” Kata Nur Arif selaku ketua DEMA STIABI Ryadlul Ulum.

Pada pelaksanaan vaksinasi tahap pertama, Dinas Kesehatan mengalokasikan 100 suntikan vaksin yang diperuntukan bagi santriwati kelas VII dan IX. Adapun tahap kedua akan dilakukan pada hari Kamis, (12/8/2021) yang akan diperuntukan bagi santri SMP putra dengan target 200 kuota. Kemudian pada hari berikutnya, Jumat (13/8/2021) akan dilanjutkan pemberian vaksin untuk santri jejang SMA.

Santri yang telah divaksin mendapat perhatian khusus dari pondok. Sesuai dengan intruksi Tenaga Kesehatan, mereka yang telah disuntik vaksin diperbolehkan untuk tidak mengikuti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan dianjurkan beristirahat di kamar.

Nantinya, santri yang telah melakukan vaksinasi tahap awal akan kembali mendapatkan suntikan vaksin tahap dua.

“Setelah program vaksin dosis pertama ini dilaksanakan, bulan depan tanggal tujuh September akan dilaksanakan vaksinasi dosis yang kedua. Lanjut Nur Arif.

Sebelumnya pihak Pesantren Condong pun telah menyelenggarakan program vaksinasi bagi para Asatidz, Ustadzat, dan seluruh Civitas Akademika di lingkungan pondok.

Pemberian vaksin sendiri memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya melindungi diri dari terinfeksi virus Covid-19, menjadi pencegah sebagai sumber penularan bagi orang lain sehingga bisa memutuskan rantai penularan, dan yang paling penting demi mencapai Herd Immunity.

Terakhir Nur Arif menuturkan, ”Dengan adanya program vaksin ini diharapakan para santri Pondok Pesantren Riyadul Ulum Waddawah akan terlindung dari paparan virus Covid-19 serta meneguhkan Pesantren Condong sebagai Pesantren tangguh Covid-19 untuk menuju pesantren sehat, Tasikmalaya sehat, Jawa Barat sehat, dan Indonesia sehat.[]

Tips and Inspiration / Kesehatan    Dibaca 208x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website