Tingkatkan Kompetensi Guru dalam Digitalisasi Pembelajaran, KMI Gelar In House Training

Penyampaian Materi In House Training (Foto: Condong Online)

CONDONG-ONLINE, Tasikmalaya—Dalam rangka meningkatkan kualitas mengajar para guru di SMP-SMA Terpadu Riyadlul ‘ulum Wadda’wah, bagian KMI (Kuliyatul Mua’allimim Al-Islami) Kembali mengadakan kegiatan In House Training yang meruapakan kegiatan yang dilaksanakan setiap semester, sebelum kegiatan belajar mengajar kembali efektif.

Kegiatan yang mengusung tema “Optimalisasi Digitalisasi Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Efektivitas Hasil Pembelajaran” ini bertujuan untuk (1) Memaksimalkan penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran. (2) Membuat guru mahir dalam penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran.

Tema pada semester ini memfokuskan materi pada digitalisasi pembelajaran karena sesuai dengan kondisi Indonesia saat ini yang tengah menghadapi pandemi COVID-19, sehingga pembelajaran berlangsung dari rumah dengan memanfaatkan media digital.

Tentu hal tersebut menuntut guru agar mampu menggunakan media digital dan berpikir kreatif untuk menyuguhkan pembelajaran yang menarik agar anak-anak tetap antusias belajar walaupun secara daring.

Kegiatan ini berlangsung dari hari Sabtu s/d Selasa (27-30/6) dan dilaksanakan di dua tempat yaitu di Gedung Ibnu Malik lantai 2 bagi para guru mata pelajaran  Muatan Lokal (Mulok) dan di Gedung Jauhar Maknun lantai 2 bagi para guru mata pelajaran Sains atau umum, dengan jumlah keseluruhan peserta 190 pengajar.

Pengisi materi pada kegiatan ini tak lain para pengajar yang mumpuni. Adapun pemateri pada kegiatan In House Training bagi para pengajar Muatan Lokal yaitu Dr. Asep Mulyana, Budi Syihabuddin, M.Pd., Moh Syahrul Zaky Romadhoni, MA. Ed., Yulianti Hasani, M.Pd., Agus Riyadi, M.Pd., Rahmat Mulya Nugraha, M.Pd., Irfan Riswandi., Hania Noviyanti Nurrahma, S.H.

Adapun pemateri pada kegiatan In House Training bagi para pengajar Umum yaitu Irwan Ridwan, M.Kom., Budi Syihabuddin, M.Pd., Moh Syahrul Zaky Romadhoni, MA.Ed., Nuraeni, M.Pd., Lena Sa’yati, M.Pd., Basuki Ariadi, S.Si., Irfan Riswandi, M.Pd.

Tak hanya pemberian materi berupa kuliah umum dan kuliah nilai, pada kegiatan ini pun para pengajar diberikan sosialisasi RPP 1-2 halaman serta mempraktikannya seacara langsung. Selain itu, membuat media pembelajaran self-made video yang efektif, mempersiapkan bahan ajar/ lembar kerja peserta didik (LKPD), praktik mengunggah bahan ajar/ LKPD melalui aplikasi Moodle/ Google Classroom, dan praktik mengunggah soal melalui aplikasi Ujian Online milik Pesantren Condong.

Setelah rangkaian kegiatan selesai, dilaksanakan evaluasi bagi para pengajar sebagai penilaian setelah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan In House Training.

Sebagai bentuk apresiasi bagi para peserta dengan nilai evaluasi terbaik, bagian KMI (Kulliaytul Muallimin Al-Islami) memberikan hadiah berupa voucher belanja di WASERDA RUWADA sebesar Rp. 100.000.

Peserta terbaik In House Training Mata Pelajaran Umum (Foto:Condong Online)

Para pesrta terbaik tersebut adalah Titan Nur Azizah (Guru mata pelajaran Matematika SMP), Dede Danial (Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA), dan Zaenal Arifin (Guru mata pelajaran Biologi). Sedangkan dari In House Training pengajar Muatan Lokal diantaranya Silmi Nurwahidah (Guru mata pelajaran Bahasa Arab), Devia Oktaviani (Guru mata pelajaran Imla). Dan Neng Fitria (Guru mata pelajaran Bahasa Arab).

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini pada tiap semester, penyelenggara tentu sangat berharap agar para pengajar mampu mengimplementasikannya pada kegiatan pembelajaran sehari-hari dan meningkatkan kualitas mengajar mereka, khususnya pada pembeljaran melalui media digital. [Naya Rohmatul Ummah]

 

News and Event / News    Dibaca 426x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website