PERDALAM TEORI BAHASA, PRODI BSA ADAKAN SEMINAR NASIONAL BAHASA ARAB

Sambutan sekaligus pembukaan kegiatan oleh Ustadz Syahrul Zaki selaku wakil ketua 1 bidang Akademik (Foto: Condong Media)


Condong-28 Agustus 2020. Sudah tidak diragukan lagi bahwa bahasa Arab mutlak diperlukan dalam mempelajari dan mendalami ilmu pengetahuan Islam. Hal ini disebabkan buku-buku yang menjadi sumber agama Islam terutama yang lebih luas dan lengkap pada umumnya masih ditulis dalam bahasa Arab. Kitab suci umat Islam Al-Qur’an Al-Karim dan Hadits Nabawi keduanya ditulis dalam bahasa Arab. Begitu juga dengan kitab-kitab yang ditulis oleh para ulama Islam tentang berbagai cabang ilmu pengetahuan agama Islam masih banyak yang ditulis dalam bahasa Arab.

Untuk itu, tidak mengherankan apabila umat Islam di Indonesia mencurahkan perhatian yang besar pada bahasa Arab dengan mendalami suatu ilmu pengetahuan yang berbahasa arab dengan baik. Hal tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa bahasa Arab adalah bahasa agama dan bahasa persatuan umat Islam penjuru dunia.

Sebagai wujud dari mata kuliah ta’bir arabiy yang bertujuan khusus agar para mahasiswa mampu berbicara dan fasih dalam berbahasa arab dengan baik, baik melalui pendengaran maupun tulisan dan mampu mengutarakan pikiran dan perasaannya dari apa yang ia ucapkan dan pengetahuan penggunaan bahasa ammiyah dan fashihah di Negara Arab, baik secara lisan maupun secara tulisan Prodi Bahasa & Sastra Arab mengadakan nadwah ilmiyah lughowiyah wathoniyah dengan judul “Waaqi’u Istikhdami al-Lughah al-Arabiyah  al-Fashihah wal ‘Amiyah fi al-Mujtama’aat al-Arabiyah”

Seminar bahasa ini dibuka secara resmi oleh Wkl. Ketua 1 Bid. Akademik Ust. M. Syahrul Zaki R, M.A.Ed., dan sebagai keynote speaker seminar ini yaitu Ketua Prodi BSA Ust. Agus Riyadi, M.Pd. Seminar ini dihadiri seluruh dosen BSA dan anggota HMP BSA. Pemateri kali ini adalah Ust. H. Nurrohman, M.Pd dan Ust. H. Ayat Ruhiyat, S.Pd.I. Keduanya pernah tinggal cukup lama di Mesir maupun Arab Saudi.

Penyampaian materi oleh Ustadz Ayat Ruhiyat (Foto: Condong Media)


Semua peserta seminar sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti seminar ini sehingga ketika diteriakan yel-yel berbahasa Arab: "Tahiyyah Arabiyah.... Maka semua peserta dengan serempak menjawab "Wallahi Nuhibbuha" Ketika sekali lagi diteriakan Madza Syiarukum.... Jawaban yg spektakuler adalah Allughah Arabiyyah Huwiyyatuna... Bahasa Arab adalah identitas kami. semoga dengan sering diadakannya seminar-seminar berbahasa arab, semua mahasiswa BSA bisa menyebarkan semangat bahasa Arab ke seluruh santri di Pondok Pesantren Riyadlul `Ulum Wadda`wah Condong Aamiin (Shobri)

News and Event / News    Dibaca 140x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website