Pemenang 10 Besar OPOP JABAR 2019, Pesantren Condong Raih Rp.400.000.000,-

Gubernur Jawa Barat memberikan hadiah uang tunai secara simbolis pada 10 besar pemenang OPOP JABAR 2019

Photo by : Hania

CONDONG-ONLINE.COM I BANDUNG - Pondok Pesantren sebagai lembaga pendidikan andalan umat Islam saat ini bukan hanya unggul dalam masalah keilmuan, namun juga sektor ekonomi. Pesantren dituntut untuk mendiri dengan melaksanakan sistem ekonomi proteksi, dimana pesantren mempunyai dan mengolah unit usaha pesantren yang dikelola santri, dari santri dan untuk santri. Menguatkan fondasi pesantren untuk mandiri dengan meningkatkan kualitas perekonomian.

Pemerintah menilai kemandirian dan daya kreatif ini perlu ditunjang baik dari segi moral dan materil. One Product One Pesantren (OPOP) Provinsi Jawa Barat hadir sebagai solusi bagi seluruh pesantren di Jawa Barat untuk meningkatkan kualias produk pesantren dalam bersaing untuk unjuk produk andalan pesantrennya masing-masing hingga meraih hadiah berupa tunjangan materil bagi para pemenang dan moril serta bekal pelatihan bagi seluruh pesantren yang ikut serta dalam program OPOP JABAR 2019 ini.

Program dari Pemprov JABAR bersama Dinas KUKM Provinsi Jawa Barat memastikan seluruh Pondok Pesantren di Jawa Barat dapat memperoleh akses atas program pemerintah dalam sektor pemberdayaan ekonomi, teknologi dan produksi efisien, tepat serta modern di era digital saat ini. Diikuti oleh lebih dari 1500 pesantren dari 27 Kota/Kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Barat dalam 10 bidang usaha yang berbeda, OPOP ini menyaring seluruh peserta ini menjadi 10 besar pemenang audisi tahap 3 yang masing-masing mendapatkan hadiah uang sebanyak Rp.400.000.000,-.

Usth. Dewi Hamidatus, S.P., perwakilan peserta OPOP JABAR Pesantren Riyadlul `Ulum Wadda`wah 10 Besar Pemenang OPOP

Photo by : Hania

Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah menjadi salah satu pemenang audisi tahap 3 dalam 10 besar ini dan berhak mendapatkan hadiah sebanyak Rp.400.000.000,- dan produknya disertakan dalam katalog produk untuk di publikasikan dalam acara ekonomi internasional di Turki nanti. Sebelumnya, Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Tasikmalaya telah menjuarai dan  lolos tahap satu menjadi juara dengan memenangkan hadiah uang sebanyak Rp.30.000.000,-. Kemudian lolos audisi tahap dua dan mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp.200.000.000,-.

Para juara 10 besar OPOP JABAR 2019 berfoto bersama Wakil Gubernur, Menteri KUKM dan tamu penting lainnya

Photo by : Hania

Photo by : Hania

Puncak kegiatan OPOP JABAR 2019 pasca pengumuman kejuaraan 10 besar via online dilaksanakan di Area Gedung Sate Kota Bandung Provinsi Jawa Barat pada hari Sabtu, 14 Desember 2019. Seluruh pesantren peserta OPOP JABAR mengisi stand-stand pameran produk dengan produk unggulan pesantrennya masing-masing. Terdapat beberapa komplek stand pameran, spot photobooth dan talkshow serta panggung utama. Semua stand pesantren peserta OPOP JABAR telah siap pada pukul 08.00 dan acara resmi dimulai pada pukul 08.30 di panggung utama. Diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al Qur’an dan do’a. Talk show sesi pertama dimulai dari dua perwakilan pemenang OPOP 2019 dan dilanjutkan dengan pemberian hadiah uang pembinaan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat kepada 10 besar pemenang OPOP JABAR 2019.

Wakil Gubernur Jawa Barat menyampaikan sambutan

Photo by : Hania

Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat menyampaikan sambutannya dan motivasi terkait OPOP JABAR 2019 ini. Beliau mendukung kegiatan OPOP ini bukan hanya sampai disini, tapi harus menghasilkan feedback berkelanjutan dan positif dan memotivasi pesantren-pesantren lainnya untuk bersaing dalam keunggulan produk pesantren dan meningkatkan sektor ekonomi pesantrennya masing-masing.

Wakil Gubernur JABAR kemudian berkeliling menuju stand pameran produk pesantren sementara panggung utama diisi dengan penampilan-penampilan bintang tamu dan peserta volunteer berupa nasyid, tarian dan permainan musik daerah. hingga tiba saatnya perwakilan 10 besar OPOP Jabar 2019 tampil dalam dua sesi untuk talkshow berbagi ilmu dan kesan tentang produknya dan OPOP JABAR ini. Perwakilan Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Usth. Dewi Hamidatus, S.P., berkesempatan tampil pada sesi satu pukul 14.00 bersama 3 pesantren pemenang lainnya dan perwakilan pesantren Idrisiyyah sebagai pesantren percontohan OPOP serta moderator.

Talkshow pemenang 10 Besar OPOP JABAR 2019

Photo by : Hania

Berakhir pada pukul 17.00, pameran produk pesantren ini berlangsung meriah bukan hanya dihadiri oleh santri dan asatidz pesantren peserta namun juga warga Kota Bandung yang terdiri dari masyarakat dan pelajar.

Photo by : Hania

Dana yang didapat pesantren Riyadlul ‘Uluk Wadda’wah dari OPOP JABAR ini seluruhnya akan dimanfaatkan untuk kelangsungan dan peningkatan produksi dan pemasaran La Tunsa Bakery Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Condong Tasikmalaya.

(Hania)

News and Event / News    Dibaca 1.545x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website