Santri Kelas XI Belajar Jadi Pemimpin yang Baik dalam Kegiatan OPR 2020


Sambutan Pimpinan Pondok Pesantren Riyadlul `Ulum Wadda`wah pada pembukaan kegiatan OPR (Foto:Condong Online)

CONDONG-ONLINE.COM, Tasikmalaya -- Pada hari Kamis 25 Juni 2020, para santri dan santriwati kelas XI Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah melaksanakan pelatihan kepengurusan rayon yang diadakan di Auditorium Condong. Kegiatan ini berlangusng selama 3 hari yaitu pada tanggal 25-27 Juni 2020. Pelatihan atau orientasi kepengurusan rayon ini telah menjadi agenda wajib tahunan yang tentunya harus di laksanakan di Pondok Pesatren Condong.

Hal ini dilakukan tentunya untuk mempersiapkan kualitas diri dan kekuatan mental para calon pengurus agar mampu menghadapi berbagai macam karakter serta sifat santri yang berbeda-beda yanag mana tentunya kelak akan diurusi oleh mereka semua. Namun ada sedikit perbedaan pada orientasi tahun ini. Biasanya pada orientasi-orientasi sebelumnya seluruh peserta yang datang dari santri dan santriwati kelas XI akan mengikuti pelatihan ini secara bersama-sama.

Namun, dikarenakan adanya wabah covid 19 yang belum berakhir ini tidak semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini secara langsung. Untuk itu, sebagian peserta yang masih di rumah tetap diwajibkan untuk mengikuti acara ini melalui live streaming youtube CondongTV yang telah dipersiapkan oleh panitia. Sehingga seluruh peserta dapat melaksanakan kegiatan ini secara menyeluruh.

Dalam kegiatan ini, para peserta dibagi dalam beberapa kelompok yang mana pada setiap kelompok telah disediakan barak untuk masing-masingnya. Selama mengikuti pelatihan ini, seluruh peserta dikarantina dalam satu gedung.

Tujuan dibuatkannya kelompok-kelompok dalam kegiatan ini, tentunya untuk melatih bagaimana kebersamaan disetiap kelompok dan juga kekompakan disetiap kelompok dan yang paling utama ialah bagaimana cara memimpin kelompok.

Penerepan protokol kesehatan pada setiap kegiatan OPR (Foto:Condong Online)

Dalam pelatihan ini, terdapat 7 sesi pemateri yang tentunya telah menyempurnakan terlaksananya kegiatan ini. Diantaranya pemateri pertama yang mengisi acara pelatihan  ini adalah Kepala Sekolah SMA Terpadu yaitu Bpk. H.Mahmud Farid M.Pd. Beliau memaparkan mengenai hakikat dan profil kepengurusan rayon. “Kullukum raa’in wa kullukum masuulun ‘an ra’iyatihi setiap pemimpin akan diminta pertanggung jawaban atas kepemimpinannya. “ tuturnya.

Selain materi, panitia juga menyediakan  berbagai macam kegiatan lain yang bermaksud untuk melatih kepemimpinan para calon pengurus yang diberikan secara tindakan langsung atau praktek. Seperti halnya games yang merujuk kepada bagaimana cara memimpin dengan cara yang baik dan benar.

Dari hari pertama hingga hari terakhir acara ini telah berjalan dengan baik. Dengan adanhya kerjasam antar panitia juga pesertalah yang telah menyukseskan berjalnnya kegiatan ini dengan baik.

”Kegiatan ini Alhamdulillah berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diharapakan. Terimakasih kepada para panitia dan juga peserta yang telah bekerjasama untuk menyukseskan kegiatan ini dengan sempurna.” Ucap salah satu panitia OPR tahun 2020-2021.

Pembagian penghargaan kepada barak tergesit oleh Ketua Bagian Pengasuhan putra (Foto:Condong Online)

Diakhir acara, panitia telah memilih siapa saja yang mendapatkan penghargaan dengan berbagai macam kategori. Berikut data pemenang pada setiap kategori yang telah ditentukan oleh panitia. Kejuaran Putri, Siswa terbaik: Sopi Napilah Maulida, Siswa teraktif: Ade Mila Amelia, Kelompok teraktif: Kelompok 10 (Garjita), Barak tergesit: Barak Pulau Maratua dan Kelompok terkompak: Kelompok 12 (Nirwasita).

Dan untuk Kejuaraan Putra, Siswa terbaik: Muhammad Faras Azrillah, Siswa teraktif: Syahrul Nuralim, Kelompok teraktif: Kelompok 1, Barak tergesit: Barak 2 dan Kelompok terkompak: Kelompok 2. [MIRA R.A]

News and Event / News    Dibaca 685x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website