Mantapkan Visualisasi Diri melalui Workshop Fotografi

 

Peresmian Workshop Fotografi oleh Kepala CondongTV (Hania Novianty), Pemateri (Ade Rian Bungsu) dan Tim OBSCURA Management

Doc: Fotografi OSPC Putri

CONDONG-ONLINE.COM, Tasikmalaya – Akhir kepengurusan Organisasi Santri Pesantren Condong (OSPC) putri Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah ditutup oleh Pagelaran Special Moment with OSPC 18-19 serta Workshop Fotografi yang merupakan program tahunan bagian Fotografi OSPC Putri. Berlangsung selama dua hari pada hari Kamis-Jum’at, 31 Oktober – 01 November 2019 acara ini diikuti oleh kurang lebih 65 peserta yang hampir seluruhnya merupakan santriwati Pesantren Condong dan 5 orang santriwati perwakilan dari Pondok Pesantren Darussalam Rajapolah dibawah kepanitiaan dari bagian fotografi dan beberapa santriwati kelas XII.

Kegiatan yang mengusung tema Visualisasi Diri melalui Fotografi ini menghadirkan Ade Rian Bungsu (Rian Sulaeman) yang merupakan Sinematografer Tasikmalaya dengan beberapa keahlian dan karya diantaranya Visual Content Manager “NGULISIK MANAGEMENT, Program Manager “BALAKA VISION”, Dokumentarian “PEMBERANTASAN BUTA AKSARA KEMENDIKBUD”, dan karya-karya lainnya. Pada kesempatan kali ini, pemateri hadir bersama rekan-rekannya di OBSCURA management untuk membimbing seluruh peserta agar lebih mendalam dan memahami praktik fotografi dari materi yang disampaikan.

Kabutuhan terhadap media sosial masa kini tidak bisa dipungkiri, apalagi sebagai media promosi dan meningkatkan popularitas melalui eksistensi diri. Disini, pondok pesantren sebagai media pendidikan dan dakwah tentunya harus mampu mengarahkan seluruh elemen civitas akademikanya untuk mampu membawa media sosial tersebut pada arah yang positif, apalagi santriwati yang masih harus banyak belajar dan menganalisa kebenaran suatu informasi atau memilah-milih informasi yang pantas dan tidaknya untuk disebarluaskan. Maka dari itu, ditinjau dari sumber daya manusia yang mumpuni untuk mempunyai minat dalam bidang fotografi dan meningkatkan daya seninya, juga kebutuhan dakwah melalui visual untuk dokumentasi atau di media sosial. Panitia bertujuan membawa seluruh peserta workshop untuk mampu menjadi fotografer yang mampu memunculkan visualisasi diri dan lembaga pada arah yang benar dengan teknik yang benar pula.

Acara dibuka secara resmi dengan pemotongan pita logo-logo merk kamera oleh Kepala Condong TV Hania Novianty Nurahma, S.H, Pemateri Pak Ade Rian Bungsu dan Rekannya satu Tim di OBSCURA Management. Sesi pertama dimulai dengan materi perkenalan kamera dan teknik fotografi dasar. Dilanjutkan pada malam hari yaitu hunting foto gedung-gedung pesantren dan beberapa penerapan teknik pengambilan gambar pada malam hari untuk beberapa objek berbeda dan hari pertama diakhiri dengan evaluasi karya peserta tiap kelompok oleh pemateri.

Hari kedua dimulai dengan materi mengenai jenis-jenis fotografi dan pukul 09.15 seluruh peserta berangkat menju area Masjid Agung Kota Tasikmalaya dan Taman kota Tasikmalaya untuk praktek pengambilan gambar sebagai implementasi dari materi yang disampaikan dengan disiapkan beberapa model santriwati berbusana seragam pondok.

Para peserta terlihat antusias ditemani dengan panitia dan pemateri yang senantiasa mengarahkan dan dengan sabar menjawab setiap pertanyaan peserta yang kesulitan.

Sesi selanjutnya yang merupakan sesi terakhir dilaksanakan di Pesantren yaitu evaluasi karya per kelompok serta sesi tanya jawab dengan pemateri. Pertanyaan demi pertanyaan dilontarkan dan terjawab oleh pemateri. Tidak hanya sampai disana, rasa penasaran dan keingintahuan untuk menjadi fotografer handal memang tidak berhenti disana, walau penutupan telah dilaksanakan berupa penyerahan cinderamata oleh panitia kepada pemateri, namun pesrrta masih saja ada yang bertanya seputar fotografi.

 

Semoga acara ini bermanfaat untuk semuanya, menjadi amal ibadah bagi seluruh panitia dan pemateri dan barokah ilmunya untuk semuanya. Aamin ya Rabbal’ Alamin.

Panitia,Pembimbing, Pemateri dan Seluruh Peserta Workshop Fotografi berfoto bersama di depan Masjid Agung Kota Tasikmalaya

Doc : Condong Media

 

 

 

 

 

 

 

 

 

News and Event / News    Dibaca 866x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website