Mahasiswa STIABI Semarakan Hari Sumpah Pemuda dengan Beragam Perlombaan


Poster perombaan peringatan Hari Sumpah Pemuda (Foto: Panitia HIMA)

CONDONG-ONLINE.COM, Tasikmalaya  28 Oktober adalah hari bersejarah bagi masyarakat Indonesia khususnya bagi kalangan para pemuda. Pada tanggal 28 Oktober 1928 telah lahir sebuah sumpah yang dikenal dengan istilah “Sumpah Pemuda”.  Isi dari sumpah pemuda ini ialah beberapa sumpah para pemuda di zaman dahulu yang menginginkan kemerdekaan untuk bangsa Indonesia, mereka merasa ingin keluar dari belenggu jajahan bangsa Belanda. Oleh karena itu, para pemuda pada saat itu merancang beberapa strategi untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Semangat para pemuda bangsa pada saat itu sangatlah membara, mereka sangat gigih dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsanya sendiri yaitu Bangsa Indonesia. Semangat itu pun menjalar kepada seluruh jiwa-jiwa muda bangsa yang ingin memperjuangkan kemerdekaannya. Dan untuk saat ini para pemuda bangsa harus mampu mempertahankan perjuagan para pemuda di zaman dulu yang bersikeras memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Hari Sumpah Pemuda merupakan sebuah hari peringatan untuk mengingat kembali beberapa sumpah yang diucapkan oleh para pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan. Para pemuda Indonesia sering kali memperingati hari sumpah pemuda ini dengan berbagai macam kegiatan.  Seperti hal nya yang dilakukan oleh para mahasantri STIABI yang telah menggelar beberapa perlombaan dalam memperingati hari sumpah pemuda. Acara yang dipanitiai oleh para anggota HIMASPI ini telah mengadakan tiga perlombaan, di antaranya ialah perlombaan karya tulis ilmiah, lomba video puisi dan lomba poster. Perlombaan ini diadakan dengan menggunakan sistem online.

Acara yang diadakan dengan tema “Sumpah Pemuda dan Budaya Indonesia” ini diikuti oleh seluruh mahasantri STIABI baik dari jurusan SPI (Sejarah Peradaban Islam) maupun dari jurusan BSA (Bahasa dan Sastra Arab). Maksud dan tujuan diadakannya acara ini ialah untuk mengenang kembali perjuangan para pemuda bangsa yang bersikeras menginginkan kemerdekaan, dan juga dengan diadakannya perlombaan-perlombaan ini dapat mengembangkan kreatifitas para mahasantri STIABI dalam segi literasi dan dapat mengaplikasikannya dengan konteks modern.

Alhamdulillah acara peringatan hari sumpah pemuda ini berjalan sesuai dengan ekspetasi yang diharapkan oleh panitia. Banyak mahasantri yang ikut berpartisipai dalam memeriahkan acara peringatan ini. “Dengan diadakannya acara ini saya merasa sangat diingatkan kembali akan perjuangan para pemuda di zaman dahulu yang sangat gigih dalah memperjuangkan kemerdekaan. Juga dengan adanya beberapa perlombaan ini saya bisa lebih mengembangkan serta mengaplikasikan kemampuan saya dalam menulis” ujar salah satu peserta karya tulis ilmiah.


Penyerahan piagam penghargaan oleh Ustadz Nurrohman kepada pemenang (Foto: Condong Media)​​​​​​

Berikut data kejuaran lomba-lomba peringatan hari sumpah pemuda yang diadakan oleh anggota HIMASPI STIABI Riyadlul Ulum:

  • Kategori lomba Karya Tulis Ilmiah:

Juara 1 : Syifana A’wuru (Mahasantri semester 1 jurusan Sejarah Peradaban Islam)

Juara 2 : Wilda Fuji Rahmi (Mahasantri semester 1 jurusan Sejarah Peradaban Islam)

Juara 3 : Samsul Bahri (Mahasantri semester 3 jurusan Bahasa dan Sastra Arab)

  • Kategori lomba Video Puisi:

Juara 1 : Irna Rahmatillah (Mahasantri semester 1 jurusan Sejarah Peradaban Islam)

Juara 2 : Siti Hanawiyah (Mahasantri semester 3 jurusan Sejarah Peradaban Islam)

  • Kategori lomba Poster:

Juara 1 : Ichtiar Ajjani (Mahasantri semester 1 jurusan Sejarah Peradaban Islam)

 

[Mira Ratibah Adawiyah]

News and Event / News    Dibaca 91x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website