Berbeda Dengan Sebelumnya, Tahun Ini Ujian Santri Akhir Didahulukan

Segenap santri akhir KMI sedang melaksanakan apel pembukaan ujian (dok.condong media)

CONDONG-ONLINE.COM, CONDONG - Tasikmalaya Setelah beberapa tahun terakhir, pelaksanaan ujian santri akhir KMI (Kuliyyatul Muallimin al-Islamiyyah) sama seperti halnya ujian kelas 1 sampai kelas 5 KMI. namun untuk tahun ini ada beberapa perubahan sistem dan dan jadwal digelarnya ujian.

Sistem baru yang diterapkan pada ujian santri akhir KMI adalah dari aspek mata pelajaran yang diujiankan, yaitu semua mata pelajaran kepesantrenan dari kelas satu sampai kelas enam, diantaranya pelajaran Imla, Tamrin Lughoh, Tarikh Islam, Faraidl, Sharaf dll. meski demikian, untuk mata pelajaran umum yang diujiankan hanya pelajaran yang dipelajari di kelas enam, tapi untuk teknis ujiannya berbasis komputer.

Santri akhir KMI sedang mendengarkan pesan dan nasihat menjelang ujian (dok.condong media)

Waktu pelaksanaan ujian juga bergeser dari asalnya bersama dengan kelas 1-5 KMI, lalu diubah menjadi diakhirkan pada awal tahun ajaran baru karena pada pelaksanaan ujian kelas 1 - 5 KMI, santri akhir dilibatkan untuk menguji dan mengawas. Sampai akhirnya tahun ini diubah kembali sistem pelaksanaannya menjadi diawalkan, yaitu pada tanggal 8 - 14 November, 4 hari sebelum ujian kelas 1 - 5 KMI dilaksanakan.

Direktur KMI sedang menyampaikan amanatnya pada apel pembukaan ujian (dok.condong media)

Kegiatan ujian santri akhir KMI ini dibuka langsung oleh direktur KMI Ust. M. Syahrul Zaky Romadloni, M.Pd. "ujian ini adalah salah satu jalan dan ikhtiar kita untuk menjadi ilmuan yang tidak asal" ujarnya disela-sela sambutan. Mereka dilibatkan dalam proses ujian santri adalah sebagai bentuk pendidikan karakter yang ditanamkan Pesantren Condong kepada segenap santri akhir sebelum mereka lulus.


 

News and Event / News    Dibaca 231x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website