Banjir Delegasi dan Prestasi Olimpiade Bahasa Arab (OBA) 2.0 2019

 

OBA 2019

Panitia OBA berfoto bersama Juara Umum OBA 2019

CONDONG-ONLINE- Tasikmalaya, 19 Oktober 2019 telah diadakan olimpiade berkala di Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Tasikmalaya Jawa Barat yaitu Olimpiade Bahasa Arab (OBA) / مهرجان اللغة العربية  (Mahrojan Lugoh Al Arobiyyah) MLA 2.0 2019. Olimpiade Bahasa Arab antar siswa/i SMP/MTs/ Sederajat se Pulau Jawa di Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Tasikmalaya Jawa Barat setiap dua tahun sekali. OBA /MLA 1.0 diadakan perdana pada tahun 2017 lalu sebagai olimpiade tingkat Jawa Barat. Peningkatan level wilayah ini salah satu penyebab membludaknya peserta dari tiap sekolah. Bila MLA lalu hanya diikuti oleh 20 sekolah MLA tahun ini diikuti oleh 37 sekolah dengan minimal delegasi 1 orang dan delegasi terbanyak sebanyak 28 delegasi mulai dari Malang hingga Bogor.

MLA diadakan setiap awal semester tahun ajaran, tahun ini diadakan pada hari Sabtu, 19 Oktober 2019 dengan lima cabang mata lomba yaitu Pidato Bahasa Arab (Khitobah ‘Arobiyyah), Story Telling (Sirdul Qissoh), Menyanyi lagu arab (Ghina Aroby), ACC (Arabic Competence Competition) dan LIQ (Language Intelligence Quiz).



Sebagai Lembaga Pendidikan Formal berbasis pesantren, Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Condong mengaplikasikan salah satu sintesa kurikulumnya yaitu Kurikulum KMI dari Gontor dimana hampir seluruh pembelajarannya berbasis dua bahasa, yaitu bahasa arab dan bahasa inggris. Begitu juga dalam keseharian, dimana setiap santri diwajibkan untuk berkomunikasi menggunakan bahasa resmi yang berganti setiap dua minggu sekali, yaitu bahasa arab dan bahasa inggris dibawah pengawasan Central Language Improvement (CLI) dan Language Advisory Council (LAC).

Selain kompetisi kebahasaan internal, beberapa santri pilihan dikirim sebagai delegasi untuk mengikuti mengikuti perlombaan berbasis kebahasaan di luar internal pondok pada tingkat regional bahkan nasional. Pengalaman bertambah bagi delagasinya, kemampuan terasah dan terlihat hingga terukir beberapa prestasi yang mengharumkan nama pondok. Maka, Olimpiade Bahasa Arab dilaksanakan sebagai wadah silaturahim dan ajang berkompetisi untuk seluruh pesertanya serta pelatihan bagi seluruh panitia dalam pelaksanaannya.

Sebagai acara dua tahunan, dimana pada tahun ganjil untuk Olimpiade Bahasa Arab dan tahun genap untuk Olimpiade Bahasa Inggris, acara ini menjadi program tahunan Central Language Improvement (CLI) dari pengurus Organisasi Santri Pesantren Condong dan Language Advisory Council (LAC) selaku supervisors dari asatidz dan ustadzaah.

Olimpiade ini telah terpublikasi sejak bulan Agustus 2019 yang mana persiapan konsep telah dimulai sejak Juni 2019. Technical Meeting (TM) dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Oktober 2019 di Auditorium Pesantren Condong. Sabtu, 19 Oktober 2019 hari pelaksanaan Olimpiade Bahasa Arab yang dimulai pada pukul 08.00 berupa pembukaan diawali dengan penampilan marawis santriwati Pesantren Condong, pembacaan ayat suci Al Qur’an serta sambutan oleh Ketua Panitia Olimpiade Bahasa Arab 2.0 2019 Silki Lailatus dan Kepala SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum KH. Mahmud Farid, M.Pd sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan OBA 2.0 berupa pemotongan pita.



Seluruh peserta menuju ke tempat pelaksanaan lomba masing-masing yaitu Auditorium untuk Sirdul Qissoh, Lapangan Kifayah untuk Khitobah Arobiyyah, Lapangan Riyadlus Sholihin untuk Ghina Aroby, Gedung Ibnu Malik untuk Language Intelligence Quiz (LIQ) dan Lab Komputer di Gedung Kuwait untuk ACC (Arabic Competence Competition). 

Akibat membludaknya peserta, beberapa perlombaan selesai pada sore hari dimana perkiraan seluruh perlombaan selesai sebelum waktu Ashar. Pengumuman kejuaraan dilaksanakan pada waktu Ba’da Maghrib.


Antusias peserta terlihat dari mulai pendaftaran dan kedatangan. Bukan hanya berasal dari Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, namun juga Garut, Bandung, Cianjur, Ciamis, Banjar, Bogor, Subang, Kuningan, hingga Malang. Peserta dari luar kota mulai berdatangan satu hari sebelumnya dan beristirahat di tempat yang telah panitia sediakan. Walau pengumuman kejuaraan diluar waktu yang ditentukan, semangat peserta pun masih terlihat pada kehadiran peserta saat pengumuman. Disamping itu, beberapa delegasi luar kota telah kembali melanjutkan perjalanan ke daerahnya masing-masing mengejar waktu kegiatan lainnya.

Berikut data kejuaraan Olimpiade Bahasa Arab 2.0 2019 

 • Khitobah Arobiah (Public Speaking)

Juara 1 : M Rizal Wiliana ( Ponpes Darussalam Garut)

Juara 2 : Fathia Salsabila (SMP Plus Al-Aqhsa)

Juara 3 : Guntur Surya (MTsN 13 Ciamis)

Juara Harapan 1: Nayla Azkia (PPM Robithoh Bandung)

Juara Harapan 2: Raihan S R (SMPIT Al-Multazam 2)

Juara Harapan 3: Aulia Az Zahra (SMP Islam Cendikia Cianjur)

Juara Favorit      : Ponpes Darussalam Rajapolah

 

• Gina Arobi (Sing A Song)

Juara 1 : Zulfa Haidar (Ponpes Darussalam Garut)

Juara 2 : Alisa L (SMP Islam Cendikia Cianjur)

Juara 2 : Fauzan Al-Baihaqi (Ponpes Darussalam Garut)

Juara Harapan 1: M Khoirul F (PPM Al-Musyarofah)

Juara Harapan 2: Annisa Rahmawati (Ponpes Al-Muawanah)

Juara Harapan 3: Siti Nurkhilda (Ponpes Darul Ulum Lido Bogor)

Juara Favorit      : Ponpes Al-Kautsar Banjar

 

• Sirdul Qissoh (Story Telling)

Juara 1 : Fajar Fathurahman (Ponpes Darussalam Garut)

Juara 2 : M Iqbal Zurain (Ponpes Darul Ulum Lido Bogor)

Juara 3 : Agung Ramadhan (SMP Plus Al-Aqhsa)

Juara Harapan 1: Nazwa Nuraulia (PPM Robithoh Bandung)

Juara Harapan 2: A Rais M Munir (Ponpes Darussalam Garut)

Juara Harapan 3: Ghulam Abdul A (SMPIT Al-Multazam 2)

Juara Favorit      : Ponpes Dadali Dinillah

 

• Fawazir (LCT)

Juara 1 : Ponpes Darussalam Kersamanah Garut

Juara 2 : Ponpes TQ Ihya Assunah Tasikmalaya

Juara 3 : Ponpes Darussalam Kersamanah Garut

Juara Harapan 1: Ponpes Darul Ulum Lido Bogor

Juara Harapan 2: Ponpes Al-Muawanah

Juara Harapan 3: Ponpes Darul Ulum Lido Bogor

Juara Favorit      : Ponpes Miftahul Anwar Dampasan Banjar

 

•  Maharotul Lughah (ACC)

Juara 1 : Ali Muthohari (Ponpes Darussalam Garut)

Juara 2 : Alfin (Ponpes Darussalam Garut)

Juara 3 : Hilma Sofa M (Ponpes Husnul Khotimah)

Juara Harapan 1: Vovi Siti N (Ponpes Al-Muawanah)

Juara Harapan 1: Imam Alawi (Ponpes Darussalam Garut)

Juara Harapan 1: Muhammad Farhan (Ponpes Al-Muawanah)

Juara Favorit      : Tazkia IIBS Malang

  Juara Umum      : Ponpes Darussalam Garut Kersamanah

•  Juara Favorit      :SMPIT Assyifa Boarding School Subang

 

Terimakasih kepada seluruh delegasi yang berpartisipasi pada OBA/MLA 2.0 2019 di Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Condong Tasikmalaya Jawa Barat. Mohon maaf atas segala kekurangannya, semoga menjadi pengalaman yang barokah, bermanfaat bagi semua khususnya panitia yang bertugas. Sampai jumpa di OBA 3.0 2021 dan kami tunggu juga partisipasinya pada Olimpiade Bahasa Inggri (OBI) VII 2020.

Doc. by : Condong TV

News and Event / News    Dibaca 756x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website