Zaman Serba Digital, Pesantren Condong Luncurkan CED sebagai Pusat Keuangan Pondok

Soft launching Condong Econimis Development (Dok. Condong Online)

CONDONG-ONLINE.COM, Tasikmalaya – Pada Jumat pagi (20/08/2021) Pesantren Condong meresmikan Condong Economic Development (CED) di halaman kantor CED yang juga merupakan lapangan gedung Safinatun-Najah. Acara yang dimulai pada pukul 08.30 WIB ini dihadiri Dewan Pimpinan Pondok, beberapa kepala bagian, serta Asatiz dan Ustazat.

MC Iqbal Maolidan mengawali acara dengan pembacaan basmalah yang dilanjutkan sambutan-sambutan dari Kepala Bagian Unit Usaha, Ustaz Budi Syihabuddin, S.Th.I, M.Pd. dan Pimpinan Pesantren, KH. Diding Darul Falah. Setelah itu, dalam rangak meresmikan CED secara simbolis, Dewan pimpinan yang diwakili KH. Diding Darul Falah dan KH. Ade Diar Hasani menggunting pita di ambang pintu kantor CED.  

CED sendiri dibentuk dengan tujuan mengakomodir seluruh arus keuangan yang ada di Pesantren Condong, baik dari Badan Usaha Milik Pondok, dari asatiz, ustazat, karyawan pondok, maupun para santri yang ingin menabungkan uangnya.

Pada awalnya para santri menyimpan uang di TU Keuangan. Namun, seiring jumlah santri yang semakin banyak, serta tidak memungkinkannya mengurus data keuangan dari segala pihak di satu tempat, maka dibentuklah CED ini. Diharapkan dengan adanya CED, proses arus uang dari segala sisi mampu terkondisikan dengan baik.

CED sendiri memiliki beberapa program, salah satu contohnya tabungan. Bentuk tabungan yang ditawarkan antara lain: Tabungan Biasa, tabungan ini ditujukan untuk para santri Pesantren Condong dari kelas VII sampai kelas XII. Kedua, ada Tabungan Karyawan, tabungan ini ditujukan khusus untuk karyawan pondok. Ketiga, ada Tabungan Berjangka, lalu ada Tabungan Walimah, terakhir ada Tabungan Cendikia.

Ustaz Fahmi Dzikri mendaftar untuk menjadi nasabah CED (Dok. Condong Online)

Selain program tabungan, CED juga menawarkan transaksi nontunai di beberapa unit usaha milik pondok. Untuk santri, CED akan menyiapkan kartu transaksi, sedangkan untuk kalangan Asatiz/Ustazat dan karyawan pondok dapat menggunakan telepon pintar dengan sistem memindai kode QR.

“Bagus, dengan adanya CED ini anak-anak dan warga pondok dapat belajar menabung untuk masa depan mereka. Selain itu CED juga bermanfaat untuk memajukan badan usaha milik pondok.” Ucap Ustaz Rizky Mulki Adhanifnata yang menjadi psalah satu peserta acara peresmian CED.

Tampilan aplikasi CED untuk transaksi digital (Dok. Condong Online) 

CED akan terus dikembangkan oleh pondok. Ke depannya CED diharapkan mampu menjadi bank yang bisa digunakan di mana saja.

“Menabung di CED masa depan, belajar hemat, dan tidak boros.” Ujar Ustaz Fahmi Dzikri sebagai salah satu nasabah CED.

Program CED sendiri menjadi bentuk respon terhadap perkembangan zaman. Kini, gaya transaksi sudah beralih ke dalam bentuk digital. Segala bentuk pembayaran dapat dilakukan secara online. Hal ini merupakan bentuk perkembangan pondok sekaligus syiar bahwa pondok pesantren, khususnya Pesantren Condong tidaklah kuno atau ketinggalan zaman. Selain itu, karena menggunakan sistem syariah, insya allah CED berkah untuk seluruh umat. Seperti halnya jargon dari CED, Syariah, Amanah, Berkah.[]

News and Event / News    Dibaca 134x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website