Wujudkan Santri Sehat, Gugus Tugas Covid Pesantren Condong Rutin Berikan Vitamin kepada Santri

Santri Condong rutin meminum vitamin dua kali dalam seminggu (Foto: Condong Online)

CONDONG-ONLINE.COM, Tasikmalaya – Dalam masa pandemi seperti saat ini, ada banyak hal yang dapat dilakukan sebagai langkah pereventif agar para santri senantiasa sehat dan mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik di Pesantren Condong.

Gugus Tugas Covid Pondok Pesantren Riyadlul Ulum yang dikepalai oleh Asep Saepul Alam, M.Pd. telah banyak mewujudkan program-program pencegahan Covid-19 seperti pelantikan Gugus Tugas dari kalangan Asatidz dan Pengurus OSPC, pemberlakuan penggunaan masker bagi seluruh warga pondok, penyediaan alat protokol kesehatan seperti handsanitizer, tempat cuci tangan, dlsb.

Selain itu, dalam mewujudkan santri sehat, Gugus Tugas Covid Pesantren Condong bekerjasama dengan Klinik Ruwada Medika rutin memberikan vitamin kepada para santri selama dua kali dalam seminggu, yakni pada hari Selasa dan Sabtu pagi.

Jenis vitamin yang diberikan berupa vitamin C 25 mg. Proses pendistribusian vitamin melibatkan Asatiz yang mengajar di jam pertama. Saat mengambil absensi di pos piket, vitamin yang telah disediakan dan dipisahkan berdasarkan kelas dalam kantong obat akan serta merta diambil Asatiz ke kelas. Vitamin pun akan dibagikan di kelas-kelas baik oleh Asatiz langsung maupun oleh Ketua Murid.  

Salah satu santriwati tengah meminum vitamin di kelas (Foto: Condong Online)

“Rasanya manis, jadi bisa sambil diemut.” Tutur Agis, santriwati kelas XII MIPA C saat mencoba vitamin.

Menurut Kepala Klinik Ruwada Medika, dr. Muhammad Iqbal, vitamin C memiliki banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya: Melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sebagai antioksidan, asam askorbat berfungsi melawan efek radikal bebas, memelihara daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan rambut, berperan dalam mengurangi risiko terjadinya anemia, dan menurunkan risiko berbagai penyakit.

Pemberian vitamin sebagai langkah preventif pencegahan penyakit Covid-19 merupakan salah satu ikhtiar pondok dalam mewujudkan santri yang sehat. Dengan begitu, diharapkan mereka memiliki imun yang kuat sehingga bisa mengikuti segala kegiatan positif selama mondok.[]

News and Event / News    Dibaca 820x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website