Tingkatkan Minat Literasi Santri, OSPC Bagian Perpustakaan Gelar Condong Library Festival 2021

Pelaksanaan lomba ranking 1 di Lapngan Jauhar Maknun (Dok. Multimedia)

CONDONG-ONLINE.COM, Tasikmalaya SMP-SMA Terpadu Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah menjadi salah satu sekolah yang disorot akan perkembangannya pada bidang literasi di Kota Tasikmalaya. Hal tersebut terbukti dengan adanya komunitas yang menampung minat santri dalam bidang literasi yaitu komunitas matapena yang aktif menulis dalam bidang sastra, dan komunitas eN-Te zone yang aktif dalam bidang jurnalis.

Sebagai sebuah komunitas yang telah lama berdiri, mereka pun telah menghasilkan berbagai karya yaitu Majalah Condong, buku Hidup Sekali Hiduplah yang Berarti, buku biografi From Zero To Hero, buku kumpulan cerpen Santri Story dan Parabel Haru, buku Self Improvement Nyantri, buku antologi puisi dan kini komunitas matapena sedang dalam proses penulisan buku kumpulan essai yang akan launching pada kegiatan PLP tahun 2022 mendatang.

Lomba mini tetaer di Lapangan Jauhar Maknun (Dok. Multimedia)

Meskipun para pecinta literasi tersebut tergabung dalam kedua komunitas tersebut, Pondok Pesantren Condong tetap berkreasi untuk menumbuhkan kecintaan santri dalam bidang literasi. Dengan adanya kegiatan PLP (Pekan Literasi Pelajar) se-Jawa Barat yang diadakan tiap dua tahun sekali, Ngaji Literasi yang bekerja sama dengan Gramedia, dan Condong Library Festival yang digelar oleh OSPC bagian Perpustakaan setiap tahun sekali.

Condong Library Festival digelar kembali pada Kamis-Jumat (28-29/10), kegiatan ini terdiri dari 10 mata lomba yang dibagi menjadi 3 kategori. Kategori pertama untuk lomba antar kelas yaitu cipta puisi dan resensi buku, kategori kedua yaitu lomba antar angkatan yang terdiri dari ranking 1, menulis cerita pendek, baca cepat, membuat poster dan drama. Kategori ketiga yaitu lomba antar rayon yang terdiri dari lomba membuat mading dan pojok baca.

Foto bersama para jawara Condong Library Festival 2021 (Dok. Multimedia)

Berlokasi di lapangan Jauhar Maknun dan Perpustakaan, kegiatan ini diikuti oleh santri putri kelas VII hingga kelas XI. Dengan diadakannya acara ini penyelenggara sangat berharap dapat menumbuhkan kecintaan santri terhadap literasi, khusunya membaca.

Berikut data kejuaraan Condong Library Festival 2021:

Menulis cerita pendek

Juara 1: Safarina Salwa (XI IPS A)

Juara 2: Salma N (IX E)

Juara 3: Revi Susilawati (XI MIPA A)

Resensi Buku

Juara 1: Rachmadianty (XI MIPA B)

Juara 2: Nafisa Azzulfa (XI MIPA A)

Juara 3: St Amalia Azizah (XI IPS A)

Cipta Puisi

Juara 1: Naila Rahmatu Zakiah ( XI MIPA A)

Juara 2: Marwa Farida (XI IPS A)

Juara 3: Keysha Salwa

Poster

Juara 1: Fadhila (Angkatan 19)

Juara 2: Haura (Angkatan 21)

Juara 3: Nazwa Kamila (Angkatan 17)

Baca Cepat

Juara 1: Salisa Rojalina (X MIPA A)

Juara 2: Salsabila Ramadhani (X Bahasa A)

Juara 3: Jasmine Yuki (IX A)

Pojok Baca

Juara 1: Rayon Gaza

Juara 2: Rayon Pakistan

Mini Teater

Juara 1: Angkatan 17

Juara 2: Angkatan 20

Juara Umum

Angkatan 17 []


 
News and Event / News    Dibaca 113x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website