Tiba di Tengah Semester Genap 2023, Santri Kelas 1-5 KMI Dihadapkan Dengan PTS

Santri kelas 1-3 KMI sedang melaksanakan PTS berbasis tulisan (dok.condong media)

Setelah menempuh silabus yang telah ditentukan selama setengah semester, minggu-minggu ini seluruh santri dari kelas 1-5 dihadapkan dengan penilaian tengah semester [PTS]. dengan harapan para santri bisa mencerna semua pelajaran yang telah dipelajarinya selama tiga bulan ke belakang. adanya PTS ini para santri juga dituntut untuk mengisi setiap detiknya dengan belajar, karena sebagaimana diutarakan dalam pepatah arab “khairu jaliisin fizzamaani kitaabun“ sebaik-baiknya teman adalah buku.

Santri kelas 4 dan 5 sedang melaksanakan PTS berbasis komputer (dok.condong media)

Ada pun upaya untuk mengaplikasikan kalimat tersebut yaitu dengan dorongan bagian Pengajaran OSPC yang mewajibkan seluruh santri untuk membawa buku ke mana pun akan pergi, bagi santri yang tidak membawa buku akan dikenakan sanksi dari bagian Pengajaran berupa hafalan kitab matan Jurumiyah atau surat-surat Juz 29. PTS ini berlangsung selama satu minggu, mulai dari senin 13 sampai 19 maret 2023.

Segenap santri berangkat menuju ruangan PTS (dok.condong media)

Pelajaran yang di PTS-kan hanya 12 pelajaran dari total jumlah keseluruhan 24 pelajaran. hal ini bukan berarti dikotomi pelajaran, akan tetapi untuk memprioritaskan 12 pelajaran tersebut, karena untuk pelajaran yang tidak masuk kategori PTS akan di PTS-kan secara internal bersama guru pelajaran masing-masing pasca kegiatan belajar mengajar.

Bagi tingkat SMA, pelaksanaan PTS-nya terbagi ke dalam dua media pengerjaan, yaitu berbasis tulisan dan berbasis komputer. Nilai dari PTS ini akan diinput ke dalam raport santri berupa nilai murni tanpa tambahan nilai lainnya. Oleh karenanya UTS ini memiliki momen santai namun serius. [judin]

News and Event / News    Dibaca 313x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website