STIABI Riyadlul ‘Ulum Gelar Orientasi Program Studi Untuk Mantapkan Tujuan Para Calon Mahasiswa

Tes tulis calon mahasiswa STIABI Riyadlul 'Ulum (Dok:Condong Online)

CONDONG-ONLINE.COM, Tasikmalaya – Bersamaan dengan digelarnya Condong Students Carrier Day 2021 di Auditorium Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah, DEMA STIABI menggelar Orientasi Program Studi dan Selesi Tes Masuk STIABI Riyadlul ‘Ulum yang berlokasi di Gedung Ibnu Malik lantai 2.

Setelah berdiri sejak 2018, kini STIABI Riyadlul ‘Ulum akan melahirkan generasi keempatnya. Mereka adalah para calon alumni SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum yang terpilih dan memutuskan melanjutkan studinya di STIABI Riyadlul ‘Ulum.

Acara ini digelar khusus bagi para santri SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum yang bertujuan melanjutkan studinya di STIABI Riyadlul ‘Ulum sekaligus mengabdi di Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah dengan multi tugas. Mereka menjadi seorang mahasiswa, walikelas, guru, pembimbing kamar, juga bertanggung jawab atas tugas yang diamanatkan kepada tiap individu pengabdian.

Dengan berbagai amanat tersebut, para pengabdi dituntut agar mampu menyeimbangkan kinerja mereka dengan berbagai peran tersebut. Tentu tantangan bagi calon mahasiswa STIABI Riyadlul ‘Ulum dengan para santri calon mahasiswa lainnya berbeda. Di saat mahasiswa lainnya bisa fokus pada belajar  dan aktif di organisasi kampus, mahasiswa STIABI harus memerankan berbagai perannya yang telah diamanatkan dengan baik, bukan hanya sebagai mahasiswa.

Berangkat dari hal tersebut, STIABI Riyadlul ‘Ulum mengadakan kegiatan Orientasi Program Studi ini. Selain memperkenalkankan para calon mahasiswa seputar STIABI dan program studinya, pemateri yaitu Ustadz Agus Riyadi, M.Pd., selaku Ketua Porgram Studi Bahasa dan Sastra Arab menjelaskan tentang sejarah berdirinya Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah dan STIABI Riyadlul ‘Ulum.

Sebelum kegiatan Orientasi Program Studi dimulai, para calon mahasiswa STIABI Riyadlul ‘Ulum mengikuti tes tulis yang diawasi oleh BAAK (Biro Administrasi  Akademik dan Kemahasiswaan). Adapun materi yang terdapat pada tes tulis tersebut meliputi Nahwu, Shorof, Maharotul Kitabah, Grammar, Reading dan Psikotes.

Intreview calon mahasiswa STIABI Riyadlul 'Ulum (Dok:Condong Online)

Setelah tes tulis, mereka mengikuti interview yang meliputi alasan mereka memilih STIABI, maharotul kalam, membaca kitab kuning, dan membaca Al-Quran. Pada sesi interview, mereka diwawancarai oleh beberapa dosen STIABI Riyadlul ‘Ulum diantaranya Ustadzah Titim Siti Fatimah, M.Pd., Ustadz Muhammad Riwan, M.Pd., Ustadz Rahmat Mulyana, M.Pd. dan Ustadz Fajar Musytamil, M.Pd.

“Dengan adanya acara ini, kami dapat meneguhkan diri program studi mana yang akan kami pilih yang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Oleh karena itu, kami ucapkan terimakasih kepada penyelenggara acara ini karena telah memberikan banyak pencerahan seputar STIABI Riyadlul ‘Ulum” Tutur Fadhila Nur Zakiyah salah satu calon mahasiswi STIABI Riyadlul ‘Ulum. []

News and Event / News    Dibaca 121x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website