Selamat! Mahkota Miss Kaligrafi 2022 Disematkan Kepada Lutfia Rahmatunnisa dan Princess Kaligrafi 2022 Kepada Asri Miladia

Para jawara dalam ajang Miss Kaligrafi dan Princess Klaigrafi 2022 (Dok. Condong Media)

CONDONG-ONLINE.COM, Tasikmalaya -- Kaligrafi merupakan salah satu seni menulis huruf arab dengan indah. Kaligrafi pun menjadi salah satu mata pelajaran wajib pada kegiatan belajar mengajar di Pondok Pesantren Condong. Bagi para santri yang ingin lebih mendalami seni kaligrafi pun disediakan ekstrakurikuler ASKAR (Anak Seni Kaligrafi) sebagai wadah bagai para pecinta kaligrafi agar belajar lebih intens yang dibimbing oleh Ustadz Nu’man Abdul Barr yang dikenal sangat mahir dalam bidang kaligrafi.

Guna meningkatkan kemampuan seni kaligrafi para santri, bagian ekstrakurikuler dan kesenian menggelar kembali ajang Miss Kaligrafi yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Berbeda dengan seleksi Miss Kaligrafi terdahulu, Miss Kaligrafi yang dilaksanakan dua tahun terakhir dibuat lebih simpel, agar para santri fokus pada kaidah penulisan huruf hijaiyah dan harakatnya.

Sebelum menentukan sang jawara, ada beberapa tahapan yang dilalui. Tahap pertama, tiap kelas mengirim 10 perwakilannya untuk melakukan tes yang berupa menulis Khat, kemudian diambil 5 peserta dari tiap kelas dengan penulisan Khat terbaik. Pada tahap keuda, para peserta pun menulis Khat dengan level yang lebih tinggi dari seleksi pertama, kemudian diambil 5 peserta terbaik dari tiap angkatan untuk menuju final.

Pengarahan dari panitia kepada para peserta Miss Kaligrafi dan Princess Klaigrafi 2022 (Dok. Condong Media)

Babak final dibuka oleh Usdth. Nurul Laelah Al-Fauziyyah, S.Pd. selaku kabag Pengasuhan Santri Putri yang berlokasi di Auditorium Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wada’wah pada hari Jumat (14/10). Pada hari itu, seluruh finalis berjajar di Auditorium dengan perkakasnya masing-masing.

Sore harinya, saat menegangkangkan bagi para peserta saat-saat ditentukannya Miss Kaligrafi dan Princess Kaligrafi 2022. Bak pagelaran Beauty Pegant, Miss Kaligrafi 2021 dan Princess Kaligrafi 2021 turut hadir untuk menyematkan mahkota kepada Miss Kaligrafi dan Princess Kaligrafi berikutnya. Setelah mengelilingi para peserta untuk menentukan kepada siapakah mahkota tersebut berlabuh, akhirnya mahkota tersebut disematkan kepada Lutfia Rahmatunnisa (XI MIPA A) dan Asri Miladia (VIII).

Pelaksanaan babak final peserta Miss Kaligrafi dan Princess Kaligrafi 2022 (Dok. Condong Media)

“Alhamdulillah serangkaian acara Pemilihan Miss Kaligrafi dan Princess Kaligrafi sukses digelar, mudah-mudahan dengan digelarnya acara ini dapat meningkatkan kemampuan para santri dalam bidang seni kaligrafi dan tentunya dapat menjadi motivasi bagi seluruh santri untuk terus memperbaiki khat nya.” Kesan Salwa Zanjabila (XII MIPA A) salah satu penggelar acara.[]

News and Event / News    Dibaca 422x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website