Sambut Tahun Ajaran Baru, Para Santri Baru Masuk Pondok dengan Semangat

Orang tua mengantar anaknya mondok (Foto: dok. Condong Online)

CONDONG-ONLINE.COM, Tasikmalaya –Tahun ajaran baru telah tiba, para orangtua berbondong-bondong mencarikan sekolah terbaik bagi putra-putrinya. Banyak dari orangtua memilih untuk memasukkan putra-putrinya ke pondok pesantren dan Pesantren Condong merupakan salah satu pilihannya. Walau di tengah pandemi, minat para orangtua untuk memasukkan putra-putrinya ke Pesantren Condong justru semakin meningkat.

Hal tersebut membuktikan bahwa masyarakat menaruh kepercayaan besar pada Pesantren Condong untuk mendidik putra-putrinya. Terbukti dari grafik pendaftaran santri baru yang setiap tahunnya meningkat. Pendaftaran pun dilaksanakan hanya dua gelombang, karena jumlah pendaftar yang cukup membludak sehingga tidak memungkinkan panitia untuk membuka gelombang ketiga.

Dilaksanakan di tengah pandemi, proses Penerimaan Santri Baru ini dilakukan secara daring. Mulai dari promosi hingga tes pun dilaksanakan secara daring. Karenanya, peran media sosial pada PSB tahun ini sangatlah penting, 9 dari 10 wali santri maupun santri mengakui bahwa mereka mengenal Pesantren Condong melalui media sosial.

“Saya mengenal Condong melalui media sosial, karena Condong termasuk salah satu pondok pesantren terbesar di Kota Tasikmalaya. Selain itu masuk ke Condong adalah keinginan saya sendiri, karena saya sangat tertarik dengan ekstra kurikulernya yang bermacam-macam. Nanti saya akan pilih ekstrakurikuler silat.” Ungkap M Karim Alhafidzi salah satu santri baru kelas VII.

Oleh karena itu, tim Condong Media yang mengelola seluruh media sosial pondok turut andil dengan membuat video pengenalan wilayah pondok, mengingat para walisantri tidak bisa survei secara langsung karena pandemi.

Santri baru disambut panitia PSB yang siap mengantar hingga kamar (Foto: Dok. Condong Online)

Setelah menjalani berbagai proses mulai dari tes lisan maupun tulisan yang dilaksanakan secara daring kemudian daftar ulang, para calon santri baru tahun ajaran 2021/2022 akhirnya masuk ke pondok pada hari Kamis sampai Sabtu (1-3/7). Hari Kamis untuk santri putra dan hari Sabtu untuk santri putri.

Para calon santri dari berbagai daerah datang dengan disambut oleh anggota OSPC dan bagian Pengasuhan Santri di gedung BLK, kemudian diantarkan dengan kendaraan yang telah disediakan panitia menuju Pesantren Condong. Sesampainya di gerbang pesantren, para santri baru disambut oleh pembimbing kamar yang sigap membantu dan menuntun para santri menuju kamar masing-masing.

Tak lupa, para santri baru beserta dua walisantri yang mengantarkan disemprot terlebih dahulu menggunakan disinfektan guna menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi.

Adapun jumlah santri yang telah datang berdasarkan data PSB yaitu 321 santri SMP Putra, 291 santri SMP Putri, 112 santri SMP Putra, dan 117 santri SMP Putri. Jumlah seluruh santri baru yang telah hadir di Pesantren Condong adalah 841 santri.

“Pandemi merupakan tantangan kepanitiaan tahun ini, namun dengan tantangan ini panitia menjadi berkpikir kreatif dan inovatif dalam pemanfaatan media digital sebagai sarana yang menghubungkan antar calon santri dan panitia.” Ungkap Ustadz Rizal Ramdani selaku ketua PSB tahun 2021/2022.[]

News and Event / News    Dibaca 230x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website