Produktifkan Keseharian Santri, Pusdac dan Bagian Ekstrakurikuler Resmikan Kegiatan Muhadoroh dan Ekstrakurikuler

Pembukaan secara simbolis oleh kepala bagian Pusdac putri (Dok:Multimedia)

CONDONG-ONLINE.COM, Tasikmalaya –Selain sekolah dan mengaji, para santri Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah pun disibukkan dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler wajib dan pilihan yang sangat variatif. Ekstrakurikuler wajib terdiri dari empat yaitu Muhadloroh, Barjanzi, Pramuka, Qiroaat dan Muhadatsah. Sedangkan ekstrakurikuler pilihannya sebanyak 25 ekstrakurikuler. Hal tersebut menjadikan keseharian santri tidak monoton dan sangat produktif.

Pembukaan kegiatan belajar mengajar semester genap tahun pelajaran 2020/2021 telah dimulai sejak pertengahan bulan Januari. Dengan berjalannya kegiatan KBM, maka kegiatan ekstrakuriler pun kembali dilajani oleh para santri.

Oleh karena itu, bagian Pusdac (Public Speaking, Discussion Advisory Council) dan bagian ekstrakkurikuler mengadakan Opening Muhadloroh and Extracurricular di Auditorium Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah pada hari Kamis (4/2) sebagai simbol diresmikannya kegiatan-kegiatan tersebut.

Penampilah pidato empat bahasa persembahan JMK (Dok:Multimedia)

Guna menguji dan meningkatkan kemampuan para santri, kegiatan ini seluruhnya diisi oleh talent para santri perwakilan dari beberapa ekstrakurikuler. Pembawa acara diisi oleh Syahla Aqilah (Kelas IX C) dan Raissa Adzni (Kelas IX B) dari ekstrakurikuler MCC (Master of Ceremony Course). Kemudian pembacaan ayat suci Al-Quran diisi oleh Salsa dan Wahida (Kelas VIII) dari ekstrakurikuler JMQ (Jam’iyatul Qirooah).

Kegiatan ini dibuka oleh Ustadzah Arifah Nursya’bani Khomsah selaku kepala bagian Pusdac putri (Public Speaking, Discussion Advisory Council), dalam sambutannya beliau menyampaikan “Muhadloroh memang seringkali dianggap membosankan. Namun setelah 4-5 tahun kedepan saat kalian dewasa kelak, manfaat tersebut akan terasa, karena dengan muhadloroh dapat menguji kepercayaan diri kita saat berbicara di depan umum”.

Setelah dibuka secara resmi, anggota ekstrakurikuler JMK (Jam’iyatul Khitobah) menampilkan kemampuan mereka dengan berpidato di hadapan seluruh santri menggunakan empat bahasa, yaitu bahasa Arab, Inggris, Indonesia dan Sunda. Keempat santri yang berpidato tersebut adalah Umamah Dinah Alfitriyah (Kelas X MIPA A), Hani Apriliani (Kelas IX A), Najwa Ghaida (Kelas VIII A) dan Denifa Zelda (Kelas VIII B).

Hiburan dari ekstrakurikuler PASUS (Dok:multimedia)

Untuk menghibur para santri, perwakilan ekstrakurikuler PASUS (Pasukan Khusus) dan JMK menampilkan sebuah drama untuk menggugah semangat para santri dalam menjalankan kegiatan ekstrakurikuler.

“Saya harap dengan diadakannya Opening Muhadloroh and Extracurrcular inimampu menggugah semangat santri dalam menjalankan kegiatan Muhadloroh, karena kegiatan ini merupakan sarana dakwah dan menjadi identitas pondok kita yang bernama Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah”. Tutur Alhim selaku ketua bagian Pendidikan dan Pengajaran OSPC 2021/2022.[]

News and Event / News    Dibaca 240x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website