Pesantren Condong Raih 3 Piala di Ajang MQK kota Tasikmalaya 2017

Dok. condong-online/Ust ujang selaku pembimbing mewakili para juara menerima penghargaan

CONDONG-ONLINE – Ajang MQK (Musabaqah Qiraatul Kutub) kembali digelar di Kota Tasikmalaya pada Rabu, (17/05) di pesantren Nurul Hidayah Asy’ariyah Mangkubumi. Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah sebagai pesantren yang masih mengusung Kurikulum Salafiyah ikut mengirimkan delegasinya pada lomba ini.

Meski nama lomba hanya lomba membaca kitab kuning, namun nyatanya ada beberapa lomba selain membaca kitab, seperti lomba debat bahasa Arab dan Inggris. Untuk lomba membaca kitab, dibagi tiga kategori yakni Ula (Dasar), Wushtha (Menengah) dan Ulya (Atas). Pesantren Condong sendiri hanya mengirim dua kategori, yakni Ula dan Wushtha. Untuk lomba debat, karena ada miss comunication, pihak pesantren tidak menyiapkan delegasi, jadi hanya untuk bahasa Inggris saja.

dok. condong-online/para delegasi dari pesantren Condong

dok. condong-online/suasana debat bahasa Inggris saat melawan pesantren Ihya As-Sunnah

Kejuaraan diumumkan sehari pasca lomba, dan pesantren Condong meraih tiga piala diantaranya:

1. Juara 1 Debat Inggris yang diwakili oleh;

Iqbal Maolidan (XI MIPA C)

Abdul Muhaemin (XI IPS C)

Sindi Maulana (XI MIPA D)

2. Juara 2 Cabang Fiqh Marhalah Ula oleh:

Yunita Ayudhia Anzani (VIII B)

3. Juara 2 Cabang Fiqh Marhalah Wushtha oleh:

M. Fauzan Afghani (XI MIPA C)

Khusus untuk debat bahasa Inggris, karena mendapt posisi pertama, maka akan mendapat pembinaan agar bisa lebih siap saat melaju ke tingkat Provinsi.

Kemenangan dua santri Condong dalam membaca kitab kuning membuktikan bahwa pesantren Condong masih konsisten dengan program ke-Salafiyah-an. Bahkan di pondok ini, santri yang sangat berminat untuk mengkaji lebih jauh kitab kuning, difasilitasi dengan ekskul keilmuan bidang kitab kuning.

Semoga prestasi yang ditorehkan, mampu memotivasi santri lainnya untuk terus giat belajar, terutama dalam bidang kitab kuning yang kini sudah semakin luntur tergerus kemajuan zaman. [Lena]

News and Event / News    Dibaca 2.963x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website