Perluas Wawasan Sejarah Mahasiswa, HIMASPI Gelar Webinar Nasional Arah Historiografi Islam di Indonesia


Poster Webinar Nasional Arah Historiografi Islam di Indonesia (Foto; condong.online)

CONDONG-ONLINE.COM, TASIKMALAYA - Minggu 12 September 2021, Prodi SPI STIABI Riyadlul Ulum bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa SPI gelar Webinar Nasional dengan menyusung tema “Arah Historiografi Islam di Indonesia.” Acara ini merupakan salah satu program kerjasama antara prodi SPI dengan HIMASPI yang bertujuan untuk mengeratkan tali silaturahmi antara Prodi dengan Himpunan Mahasiswa, serta memperluasan wawasan mahasiswa mengenai sejarah. Acara yang digelar melalui media zoom ini diikuti oleh seluruh dosen dan  mahasiwa SPI STIABI juga diikuti oleh mahasiswa UPI, UNPAD, UIN Bandung, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Negri Manado, PTS, PTKIN, PTKIS, para guru sejarah di Jawa Barat serta aktivis gerakan organisasi islam.

Pada awalnya, acara kolaborasi antara Prodi SPI dan Himpunan Mahasiswa SPI STIABI Riyadul 'Ulum ini diselenggarakan sasarannya hanya untuk peserta internal mahasiswa dan dosen SPI saja, namun sangat disayangkan dengan tema menarik serta mendatangkan pemateri yang kompeten tentang sejarah historiografi Islam di Indonesia. Atas inisiatif  kaprodi yang memberikan tantangan pada mahasiswa maka, akhirnya kegiatan ini pun sasarannya menjadi diperluas.  

Webinar ini telah menghadirkan tiga pemateri yang kompeten, diantaranya pemateri pertama ialah Dr. Agus Mulyana, M.Hum. beliau merupakan ketua MSI (Masyarakat Sejarawan Indonesia) sekaligus Lektor Kepala di UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung. Beliau telah mengenyam Pendidikan perguruan tingginya S1 Pendidikan Sejarah di IKIP Bandung, S2 Ilmu Sejarah di Universitas Indonesia dan S3 Ilmu Sejarah di Universitas Indonesia. Banyak sekali hasil karya-karya yang beliau ciptakan diantaranya pembuatan Buku/jurnal Negara Pasundan 1945-1949 Gejolak menak Sunda Menuju Integrasi Nasional yang diterbitkan oleh penerbit Ombak. Selain itu biliau juga telah membuat jurnal yang berjudul History As An Ideology : New Order In A History School Textbook, yang diterbitkan oleh International journal Of Psychosocial Rehabilitation Vol. 24 Issue 01, 2020. ISSN : 1475-7192.

Pemateri kedua ialah Ustadz Muhammad Mufti Najmul Umam, Lc., S.S.I., M.Ag. beliau merupakan ketua mata kuliah kepesantrenan STIABI Riyadul Ulum dan juga beliau merupakan pengurus jamiyyatul Qurra wal Huffadz NU Kota Tasikmalaya. Beliau telah mengenyam Pendidikan S1 Darosah Islamiyah Wal Arabiyah di UIN Jakarta dan di Darus Sunnah International Institut For Hadist Science, S2 Ilmu Al-qur’an dan Tafsir di UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan S3 di Institut PTIQ Jakarta. Pemateri selanjutnya ialah Ismi Indriani, S.Hum. kak ismi ini merupakan seorang peneliti tentang Cinta Masa Pergerakan Nasional yang telah lulus tahun 2021 program Studi Ilmu Sejarah FIB UNPAD. Begitu banyak prestasi yang beliau dapatkan diantaranya ialah menjadi pembicara dalam webinar peluncuran Jurnal Sejarah Vol. 4 Nomor 1 “Kemerdekaan Perempuan dalam Sejarah Nasional.”

Acara webinar ini berlangsung diawali dengan pembacaan ayat suci al-qur’an yang dilantunkan oleh salah satu anggota HIMASPI, selanjutnya dibuka dengan sambutan dari Ketua STIABI Riyadul Ulum Ustadz Muhammad Ridwan, M.Pd. kemudian pemaparan materi yang dipandu oleh moderator Rezza Fauzi Muhammad Fahmi, M.Hum selaku kaprodi SPI STIABI. Pemaparan materi dalam webinar ini diawali oleh Dr. Agus Mulyana, M. Hum yang menyampaikan materi mengenai historiografi secara umum. Selanjutnya disambung dengan pemateri kedua Ustadz Muhammad Mufti Najmul Umam, Lc., S.S.I., M.Ag. yang membahas mengenai historiografi islam diantaranya awal mula masuknya islam ke Indonesia, penyebarannya, hingga historiografi Islam Nusantara Masa Kolonial.

Penyampaian materi oleh para narasumber (Foto; condong.online)

Terakhri ialah penyampaian materi oleh kak Ismi yang membahas mengenai pengalaman penulisan karya tulisnya yang berjudul Cinta Masa Pergerakan Nasional. Selanjutnya forum diskusi yang dipandu oleh moderator telah mewarnai dan lebih menambah wawasan sejarah para peserta webinar. Acara ini ditutup dengan sesi perfotoan bersama para peserta dan pembacaan doa yang dilantunkan oleh salah satu anggota HIMASPI.

Dengan terlaksananya acara webinar nasional ini baik peserta internal maupun eksternal sangat mengapresiasi dan merasa lebih tertarik untuk mengenal lebih jauh mengenai historiografi islam. “Selama mengikuti webinar nasional ini, saya merasa sangat terkesan banyak ilmu baru yang saya dapatkan dan juga saya merasa beruntung sekali bisa bertemu dengan orang-orang yang hebat meski hanya dipertemukan melalui virtual. Semoga dilain kesempatan saya bisa mengikutinya secara langsung.” Ucap salah satu peserta dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

“Besar harapan saya, kegiatan ini mampu menyebarluaskan ilmu, pengetahuan dan wawasan dalam bidang Penulisan Sejarah (Historiografi) Islam. Adapun mempermudah mahasiswa sejarah dalam menyusun skripsi, karena kita mengundang pemateri 3 (Ismi Indriani, S.Hum.) yang memberikan motivasi dalam penelusuran sumber serta mengulas bahwa penulisan sejarah menjadi lebih praktis dengan objek kajian lokal dan hal-hal kecil yang ada di sekitar kita. Semoga acara ini menjadi stimulus kegiatan selanjutnya dan menjadi kegiatan rutin bagi seluruh civitas akademik STIABI Riyadul 'Ulum Tasikmalaya.” Ujar Kaprodi SPI, Rezza Fauzi Muhammad Fahmi, M.Hum.

News and Event / News    Dibaca 114x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website