Penataran Guru Baru (PGB) KMI, Berusaha Mencetak Kader Guru yang Baik dan Berkualitas

Guru baru berfoto bersama direktur KMI (dok.condong media)

WWW.CONDONG-ONLINE.COM - Tasikmlaya - Sebagai alternatif menjadi guru yang baik dan berkualitas, ustaz pengabdian bagian KMI (Kuliyyatul Muallimin Al-Islamiyyah) mengadakan acaara Penataran Guru Baru (PGB) KMI dengan sejumlah tema dan judul yang berpariatif dari guru-guru senior pesantren Condong, acara ini berlangsung selama satu minggu (1-8 juli 2024) yang dibuka langsung oleh bapak wakil pimpinan Drs. KH. Endang Rahmat. Dalam sambutannya beliau menjelaskan ruh guru sebagai alat vital dalam kegiatan mengajar. Selain itu beliau menyampaikan istilah pepatah "guru kencing berdiri, murid kencing berlari." artinya sesuatu yang terdapat dalam jiwa murid, pada dasarnya terlahir dari guru yang membimbingnya, atas dasar itu maka ruh seorang guru adalah peran utama yang harus disiapkan dengan sebaik-baiknya.

Setelah sambutan bapak wakil pimpinan, Ustaz H Nurrohman M.Pd. sebagai pemateri pertama memaparkan sejumlah aturan terkait kedisipilinan guru, mulai dari gaya berpenampilan dan perilaku guru ketika mengajar.

Pada hari kedua acara PGB, panitia membagi peserta menjadi dua kelompok, yaitu kelompok pengabdian guru dan pengabdian unit usaha. kelompok pengabdian guru bertempat di ruang meeting hall kampus ITB-RU bersama Ustad Arif Syarifudin yang menyampaikan pola asuh guru terhadap anak didiknya, beliau pun memberikan lima poin inti sebagai bekal guru baru guna membimbing anak didiknya, yaitu keteladanan, kebiasaan, perhatian, nasihat dan sanjungan. Adapun kelopok pengabdian unit usaha bertempat di ruangan belajar kampus ITB-RU bersama Ustaz Budi Syihabudin S.Th.I, M.Pd. yang menjelaskan tentang unit-usaha pondok.

guru baru menyanyikan lagu indonesia raya dan himne oh pondokku (dok.condong media)

Pada hari ketiga, pemateri untuk kelompok pengabdian guru adalah Ustazah Yulianti Hasani M.Pd., yang memaparkan kebahasaan guru di Pesantren Condong, adapun pemateri untuk kelompok pengabdian unit usaha adalah Ustadah Aam Amanah S.E, pada kesempatannya, Ustadah Aam membagikan SOP di unit-usaha pesantren kepada para pesertanya.

Hari kelima untuk kelompok pengabdian guru bersama Ustazah Elin Nurmalina S,E S.y M.Pd., sedangkan kelompok pengabdian unit usaha bersama  Ustaz Bubun S.H. Pada hari terakhir kegiatan PGB ini, kelompok pengabdian guru dipandu oleh Ustaz Moh Syahrul Zaky Romadhoni M.Pd, dan pengabdian unit usaha dipandu oleh Ustazah Lisnawati S.Pd.

peserta PGB khidmat menyimak materi  (dok.condong media)

Setelah kedua pemateri tersebut selesai memaparkan materi, semua peserta kegiatan PGB berkumpul di ruang meeting hall ITB-RU untuk melaksanakan penutupan acara yang akan ditutup oleh Ustaz Moh Syahrul Zaky Romadloni M.Pd., namun sebelum acara ditutup, pihak panitia mengumumkan terlebih dahulu apresiasi kepada peserta teladan selama acara berlangsung, yaitu saudara Romansyah Iryadi dan saudari Wulandari. Kemudian acara ditutup oleh Ustaz Syahrul dengan sedikit evaluasi dan acara selesai dengan pembacaan do'a dan berpoto bersama seluruh peserta acara PGB.

Pewarta: M. Ilham Sirojudin


Editor: Naufal Hibban Firdaus

News and Event / News    Dibaca 103x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website