Meriahkan Tahun Baru Hijriah 1442 Hijriyah, Bagian Sorogan Mengadakan Musabaqoh Bahtsul Kutub

Pembacaan kitab kuning oleh salah satu peserta kutubutturats di hadapan dewan juri dan seluruh santri (Foto: Condong Online)

CONDONG-ONLINE.COM-Kamis (20/8) seperti tahun-tahun sebelumnya para santri turut memeriahkan perayaan tahun baru islam 1442 Hijriyah dengan mengadakan  Musabaqoh Bahtsul Kutub yang diselenggarakan antar tingkatan. Perlombaan ini tak lain dilaksanakan dengan tujuan untuk menjaga dan melestarikan tradisi ulama terdahulu dalam mengkaji kitab kuning.

Perlombaan ini diadakan di dua tempat yaitu lapangan Riyadlussholihin bagi santri putra dan auditorium untuk santri putri.  Diselenggarakan oleh bagian shorogan pusat bersinergi dengan OSPC bagian pengajaran, perlombaan ini dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu ibtida, tsanawi, dan tingkat ‘ali. Peserta tingkat ibtida merupakan santri SMP mulai dari kelas VII sampai kelas IX. Kemudian tingkat tsanawi merupakan santri SMA, sedangkan tingkat ‘ali merupakan mahasantri STIABI Riyadlul ‘Ulum.

Adapun perlombaannya yaitu mengaji kitab kuning, hafalan imriti, LCT kitab kuning, dan musikalisasi nadoman. Dalam perlombaan membaca kitab kuning, kitab yang dikaji disesuaikan dengan tingkatannya. Tingkat ibtida mengkaji kitab Safinah (Fiqih) dan kitab Jurumiyah (Nahwu), sedangkan tingkat tsanawi mengkaji kitab Bajuri juz 1 (Fiqih) dan kitab Imriti (Nahwu).

Penampilan salah satu peserta musikalisasi nadoman bait imriti (Foto:Condong Online)

Kegiatan ini dimulai dari pagi hari pukul 08.00 WIB yang dimulai dengan perlombaan membaca kitab kuning dan hafalan bait Imriti tingkat ibtida dan dilanjutkan oleh tingkat tsanawi yang berlangsung hingga pukul 13.00 WIB. Kemudian setelah dzuhur, kegiatan dilanjutkan dengan lomba LCT. LCT tingkat Ibtida putri dilaksanakan di Auditorium, sedangkan tingkat Tsanawi dilaksanakan di Gedung Jauhar Maknun.

Malam harinya, kegiatan dilanjutkan dengan mata lomba musikalisasi nadhoman bait Imriti yang sangat ditunggu oleh para santri. Mata lomba ini memang cukup menarik, karena tiap peserta dituntut untuk mengkreasikan nadhoman diiringi musik dengan menggunakan peralatan seadanya yang mereka dapat di pondok.

Setelah lomba musikalisasi nadhoman selesai, barulah kejuaraan Musabaqoh Bahtsul Kutub diumumkan. Berikut kejuaraan lomba baca kitab kuning tingkat ibtida putra fan fiqih, juara 1  M Ilham Sirojuddin dan juara 2 Djamaluddin. Sedangkan untuk fan nahwu juara 1 M Irpan Hilmi dan juara 2 Azmi Muzzaki.

Untuk lomba membaca kitab kuning atau kutubutturast tingkat tsanawi putra fan Fiqih, juara 1 diraih oleh Japar Al-Mansyur dan juara 2 Ilham Fahmi Noor. Dedangkan untuk fan nahwu, juara 1 diraih oleh Sabili M Anwari dan juara 2 oleh Rafi Shofwan.

Perlombaan lainnya yaitu hafalan bait Imriti, untuk tingkat ibtida, juara pertama diraih oleh Dendi A dan juara 2 oleh Fawwaz M Azka. Sedangkan untuk tingkat tsanawi, juara 1 Farel Luthfi dan juara 2 oleh M Ariffin Ilham. Untuk perlombaan LCT tingkat Ibtida dimenangkan oleh santri kelas IX dan tingkat tsanawi dimenangkan oleh santri kelas X. Perlombaan yang terakhir yaitu lomba musikalisai nadoman, tingkat ibtida dimenangkan oleh santri kelas IX dan tingkat tsanawi dimenangkan oleh kelas XII.

Foto bersama para jawara Musabaqoh Bahtsul Kutub 1442 H (Foto: Condong Online)

Kejuaraan Musabaqoh Bahtsul Kutub santri putri pun diumumkan setelah lomba musikalisasi nadoman selesai. Ustadzah Silfa Azizy selaku bagian Sorogan pusat mengumumkan kejuaraan perlombaan, sebelumnya ia mengatakan bahwa lomba ini tak lain dilaksanakan untuk mengasah kemampuan santri serta menumbuhkan rasa cinta santri dalam mempelajari kitab kuning karangan para ulama terdahulu.

Adapun kejuaraannya yaitu juara 1 lomba kutubutturas fan fiqih tingkat ibtida diraih oleh Yesa (Kelas IX) dan juara 2 oleh Dzihni (Kelas VIII). Untuk fan nahwu tingkat ibtida, juara 1 diraih oleh Devina (Kelas IX) dan juara 2 oleh Resti (Kelas VIII).  Sedangkan tingkat tsanawi, juara 1 Kutubutturas fan fiqih diraih oleh Yunita (Kelas XII) dan juara 2 oleh Winda Nurlatifah (Kelas X). Untuk fan nahwu juara 1 diraih oleh Intan Ratu (Kelas XI) dan Intan Aolia (Kelas X).

Kejuaraan hafalan bait imriti tingkat tsanawi, juara pertamanya diraih oleh Nazwa Zein (Kelas XI) dan juara 2 oleh Intan Nurmala (Kelas XII). Untuk perlombaan LCT tingkat tsanawi, juara pertamanya diraih oleh kelas XII dan juara 2 oleh kelas XI. Adapun kejuaraan musikalisasi nadoman putri diadakan untuk semua tingkatan, juara 1 diraih oleh kelas XI dan juara 2 oleh kelas XII.

News and Event / News    Dibaca 249x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website