Menjadi Pesantren Role Model, Pesantren Condong Kembali Dipercayai Menjadi Tuan Rumah Pelatihan dan Magang OPOP 2021

Sesi sharing dan tanya jawab peserta bersama pemateri dan fasilitator (Dok. Condong Media)

CONDONG-ONLINE.COM, Tasikmalaya – Setelah pada tahun pertama pelaksanaan OPOP (One Pesantren One Product), Pondok Pesantren Condong menjadi jawara dalam bidang makanan dan minuman. Akhirnya pada tahun kedua, Pondok Pesantren Condong dijadikan tuan rumah pelaksaan OPOP kedua untuk pelatihan dan magang menuju tahap kedua untuk mendapatkan hadiah sebesar Rp. 200.000.000. Dan kini, pada pelaksaan ketiganya, Pesantren Condong kembali dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan OPOP sebagai pesantren role model dalam bidang makanan dan minuman.

Berbeda dari tahun sebelumnya, karena dibatasi oleh PPKM. Maka kegiatan OPOP dilaksanakan secara virtual pada hari Rabu-Kamis (15-16/9) yang diikuti oleh 1000 pesantren se-Provinsi Jawa Barat yang dialokasikan ke delapan pesantren role model. Salah satunya Pesantren Condong yang menampung 142 peserta OPOP dalam bidang makanan dan minuman.

Kegiatan ini dibuka oleh Ustadz Drs. H. Endang Rahmat selaku perwakilan pimpinan Pondok Pesantren Condong. Beliau membuka kegiatan dengan mengulas sejarah singkat Pesantren Condong dan pengenalan tentang Pesantren Condong. Setelah sambutan tersebut, dipandu oleh Ustadzah Arifah Nursya’bani Khomsah, acara dimulai dengan ice breaking dengan mengajak seluruh peserta untuk senam terlebih dahulu agar lebih bersemangat walau kegiatan dilaksanakan secara virtual.

“Sebenarnya pelaksanaan OPOP secara virtual ini terasa kurang afdol, karena salah satu tujuan kegiatn ini untuk mentransfer dan men-charge semangat untuk meningkatkan perekonomian di pondok pesantren masing-masing. Namun, Alhamdulillah ternyata banyak peserta yang tetap antusias mengikuti kegiatan pelatihan dan magang ini dengan saling berbagi ilmu.” Tutur Ustadzah Dewi Hamidatus Solihah.

Antusiasme peserta OPOP 2021 dalam pemaparan materi (Dok. Condong Media)

Seperti dua tahun sebelumnya, para peserta dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas scale up dan kelas start up. Scale up adalah kelas khusu bagi para peserta yang telah mengelola bisinis makanan dan minuman di pesantrenya selama kurang lebih dua tahun ke atas, sedangkan start up adalah kelas khusus bagi para peserta yang baru merintis usaha makanan dan minuman di pesantrennya.

Sebagai HOST virtual meeting Pelatihan dan Magang OPOP 2021 dalam bidang makanan dan minuman, maka Pesantren Condong menghadirkan pemateri dari Pesantren Condong yang kompeten dan turut mengembangkan kemajuan perekonomian di Pesantren Condong melalui pengelolaan berbagai unit usaha. Para pemateri tersebut adalah Ustadz Budi Syihabuddin, M.Pd., Ustadzah Dewi Hamidatius Solehah, S.P., Ustadzah Aam Amanah, S.E., Ustadzah Nurul Laelah Fauziah, S.Pd., dan Ustadz Bubun, S.H.

Pemaparan materi dari narasumber (Dok. Condong Media)

Selain diberikan materi, para peserta pun diberi kesempatan untuk saling berbagi informasi dan pengalaman yang dipandu oleh beberapa fasilitator dari Pesantren Condong. Banyak dari peserta yang bertanya mengenai sistem perekonimian di Pesantren Condong dan saling berbagi pengalaman dan kisah masing-masing dalam merintis usaha di bidang makanan dan minuman untuk kemajuan pesantren masing-masing.

Sebagai apresiasi, panitia OPOP dari Pesantren Condong pun memberikan penghargaan bagi para peserta yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan, sebagai berikut

Peserta OPOP 2021 teraktif:

  1. Nawa Nurodin (Ponpes Attiyadul Mubtadin)
  2. Andri Saputra (Ponpes Tahfidz Daarul Quran Al-Jannah)
  3. Muhammad Sofyan Sauri (Ponpes Sirojul Huda)
  4. Ruhiyat (Ponpes Miftahul Huda Al-Azhar)
  5. Erni (Ponpes Al-Husain)

News and Event / News    Dibaca 98x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website