Mengakhiri Masa Mondok, Santri Akhir Tahun 2021 Memberikan Hibbah Lapangan Serbaguna Senilai 121.500.000,-

Penyerahan Hibbah dan Infaq (Foto: Dok. Condong Online)

CONDONG-ONLINE.COM, Tasikmalaya – Setelah melalui serangkaian ujian dan kegiatan pada semester genap, santri akhir KMI tahun 2021 pun melangsungkan acara Haflatul Ikhtitam yang digelar pada hari Kamis, (8/4/2021) di Auditorium Pesantren Condong.

Sehari sebelumnya, yakni Rabu (7/4/2021) santri kelas XII memberikan persembahan terakhir bagi adik-adiknya beserta dewan guru lewat gelaran Class Six Show yang berlangsung pada siang hingga malam hari.

Sebagai momen pamungkas, santri kelas XII menunjukan keseriusan dan kesungguhan mereka dalam mempersiapkan agenda tahunan tersebut. Hal ini tergambar dalam beberapa penampilan yang disuguhkan dalam acara Class Six Show seperti Grand Opening, Mars, Teater, Tari Kolaborasi, Speed Art, sampai yang tak kalah menarik “Integrity Rewind”, yakni video berisi kenangan-kenangan mereka selama mondok yang konsepnya memparodikan video Youtube Rewind Indonesia.  

Penampilan teater dalam acara Class Six Show (Foto: Dok. Condong Online)

Pagi hari, terpat pukul 08.30 WIB Haflatul Ikhtitam Santri Akhir KMI Tahun 2021 dimulai. Mengingat masih di masa pandemi, maka wali santri tidak diperkenankan hadir secara langsung, melainkan secara virtual lewat aplikasi Zoom dan disiarkan langsung di Channel Youtube CondongTV.

MC acara, Habib Rabbani dan M. Bilal Nawawi memanggil seluruh santri akhir memasuki Auditorium disaksikan Asatidz dan Ustadzat yang telah lebih dulu hadir di lokasi. Selanjutnya Dewan Pimpinan beserta istri dan jajarannya memasuki ruangan diiringi alunan musik menggema dan melenggang menuju podium dengan desain backround panggung yang megah dan memukau.

Dewan Pimpinan dan jajarannya menyanyikan Lagu Wajib Indonesia Raya (Foto: Dok. Condong Online)

Satu persatu rangkaian acara dilalui, antara lain: Pembacaan ayat suci al-quran, menyanyikan lagu wajib Indonesia raya dan Hymne Oh Pondoku, Penayangan Video Profil Pondok, Prosesi Wisuda, Pembacaan Janji Alumni, Sambutan Pimpinan Pesantren, Kepala Sekolah, dan Wali Santri, Pembacaan Ikrar Pengabdian, Menyanyikan Mars Riyadlul Ulum dan Lagu Angkatan 15, Penyerahan Hibbah, Khutbatul Wada Empat Bahasa, Pengumuman Santri Berprestasi, dan Penyerahan Cinderamata.

Prosesi wisuda santri akhir KMI Tahun 2021 (Foto: Dok. Condong Online)

Dalam momen penyerahan Hibbah, MC menuturkan bahwasanya santri akhir angkatan ke-15 menghibbahkan lapangan serbaguna di area gedung Jauhar Maknun senilai 121.500.000,-. Perwakilan santri akhir menyerahkan miniatur lapangan kepada dewan pimpinan di atas podium.

Selain hibbah, santri kelas XII juga memberikan infaq untuk pembangunan Masjid Fatimah Az-zahra senilai 15.842.021,- yang melambangkan angkatan ke-15, tanggal 8, bulan ke-4, dan tahun 2021. Sontak hal ini mengundang tepuk tangan dan riuh seluruh penonton yang hadir.

Adapun beberapa hal menarik lainnya dalam Haflatul Ikhtitam adalah laporan dari Kepala Sekolah SMA Terpadu yang memaparkan prospek lulusan.

“Tahun ini, Alhamdulillah 12 santri akhir dinyatakan lolos seleksi SNMPTN ke berbagai Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Sebanyak sembilan orang mendaftar untuk TNI dan Polri, lima orang lolos di Poltekes Tasikmalaya dan Bandung, 30 orang mendaftar ke Luar Negeri seperti Mesir, Pakistan, Turki, Arab Saudi, dan Maroko, dan 89 orang tengah berjuang melalui SBMPTN.” Tutur Ustaz M. Syahrul Zaky Romadhoni, M.A.Ed. selaku Kepala SMA Terpadu.

Sambutan Kepala SMA Terpadu, Ustaz M. Syahrul Zaky Romadhoni, M.A.Ed. (Foto: Dok. Condong Online)

Adapun santri akhir yang mengabdi di Pesantren Condong dan menjadi Mahasiswa STIABI Riyadlul Ulum berjumlah  47 orang dengan rincian 26 putri, dan 21 putra.

Selain itu, panitia pun mengumumkan daftar santri akhir berperstasi dengan rincian sebagai berikut: kategori santri berperstasi bidang akademik diberikan kepada  Ryan Ardiansyah kelas XII MIPA 5 dan Ulfah Nurul Wahidah kelas XII IPS 2, sedangkan untuk bidang non-akademik jatuh kepada Ade Adin Syahrudin kelas XII Bahasa 2. Adapun kategori santri teladan diberikan kepada Rizki Maulana kelas XII MIPA 6, Karina Rosdiana kelas XII MIPA 3, dan Shopia Saleh kelas XII MIPA 1. Terakhir, kategori santri teraktif dimenangkan oleh Ari Nurhidayat kelas XII IPS 3, Fahrul Iqbal kelas XII IPS 3, Agis Nita kelas XII MIPA 3, dan Khansa Nabila Suwardhika kelas XII MIPA 2.

Santri berprestasi putra (Foto: Dok. Condong Online)

Santri berprestasi putri (Foto: Dok. Condong Online)

“Ya, Alhamdulillah dengan segala syukur saya panjatkan kepada Allah yang maha berkehendak, karena atas kehenda-Nya lah apa yang telah saya kerjakan dan perjuangkan selama di pondok ini bisa menuai hasil yang insya allah akan menjadi salah satu hal terbaik dalam perjalanan hidup ini. Dan saya sangat berterima kasih kepada seluruh asatidz wal ustadzat yang telah memberikan dan mencurahkan ilmunya kepada kami terkhusus untuk saya pribadi, karena dengan segala tempaan yang telah mereka berikan saya bisa menjadi seperti sekarang yang semoga ke depannya bisa menjadi lebih baik lagi dan bisa membawa serta mengharumkan nama pondok pesantren Riyadlul Ulum Wadda'wah ini, allahumma aamiin.” Tutur Ryan Ardiansyah sebagai santri berprestasi bidang akademik yang juga lolos seleksi masuk UNPAD Prodi Fisika lewat jalur SNMPTN.

Setelah rentetan acara usai, pihak panitia dan wali kelas memutar video perpisahan yang disambut dengan penuh haru oleh santri akhir. Tangis dan kesedihan tumpah ruah mengiringi momen terakhir mereka di pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah. Selamat jalan dan selamat berjuang santri akhir angkatan ke-15.[]

News and Event / News    Dibaca 210x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website