Estapeta Kepengurusan  Santri Putri Kembali Bergulir dengan Adanya LPJ dan SERTIMAN OSPC dan Koordinator Pramuka Masa Bakti 2019/2020

Pembacaan Laporan Pertanggung Jawaban OSPC Bagian Fotografi (Foto:Condong Media)

CONDONG-ONLINE.COM, Tasikmalaya – Senin-Selasa (14-15/2) Laporang Pertanggung Jawaban OSPC dan koordinator pramuka kembali digelar. “Patah tumbuh, hilang berganti” istilah yang mendasari estapeta kepengurusan OSPC dan koordinator pramuka kepada kelas XI sebagai pengurus baru. Walaupun dilaksanakan di tengah pandemi, namun esapeta kepengrusan OSPC harus tetap bergulir.

Sebelum amanat diserahkan kepada pengurus baru, para pengurus lama mempertanggungjawabkan amanat yang telah mereka emban selama satu tahun dihadapan para pimpinan, guru-guru, dan para santri. Para pengurus membacakan laporan pertanggung jawaban yang berisi program kerja yang telah terlaksana, program kerja yang belum maksimal serta belum terlaksana, dan laporan keuangan.

Setelah per bagian selesai membacakan laporan pertanggung jawabannya, para pimpinan mengevaluasi hasil kerja mereka untuk menjadi tolak ukur bagi pengurus berikutnya.

Seluruh laporan pertanggung jawaban OSPC dan koordinator pramuka lama sudah selesai. Hari Rabu (16/2) Serah Terima Amanat (Sertiman) dari pengurus lama ke pengurus baru pun berlangsung. Para pengurus lama dan pengurus baru memasuki Auditorium Pesantren Condong dimana acara berlangsung dengan saling bergandengan antar bagian.

Acara yang berlangsung khidmat ini pun diiringi dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indponesia Raya, Hymne Oh Pondokku, dan Hymne Pramuka. Setelah rentetan acara pembukaan selesai, tibalah pemanggilan nama-nama pengurus baru oleh Ustadzah Evi Siti Sofiah dan Ustadzah Priska Anggraeni, nama yang dipanggil kemudian dipersilahkan menaiki panggung untuk membacakan ikrar mereka sebagai pengurus baru yang disaksikan oleh seluruh guru dan sebagian santri.

Saat pemanggilan terdapat bagian baru yang disebutkan yaitu nagian Protokol Kesehatan mengingat kini Indonesia masih dilanda pandemi, maka bagian ini sangat dibutuhkan. Kemudian ada beberapa bagian yang berganti nama, diantaranya bagian Fotografi menjadi bagian Multimedia dan bagian Kesenian menjadi bagian Ekstrakurikuler.

Ikrar Pengurus OSPC diatas Al-Quran oleh Pimpinan Pondok Pesantren Condong (Foto:Condong Media)

Pembacaan ikrar dipimpin oleh ketua OSPC masa bakti 2021-2022 terpilih yaitu Arinnisa Cahya Nurzaman dan Tiara Kirani Rahayu keduanya siswi kelas XI Bahasa A juga ketua coordinator pramuka yaitu Sri Mulyani siswi kelas XI MIPA B . Pembacaan ikrar dipandu pula oleh pimpinan pondok pesantren yaitu KH. Diding Darul Falah dan KH. Drs. Mahmud Farid, M.Pd.

Setelah dilantik, mereka resmi menjadi pengurus OSPC masa bakti 2021-2022. Para pengurus baru pun memperkenalkan jas identitas OSPC mereka yang diawali oleh ketua OSPC dan koordinator pramuka yang kemudian diikuti oleh seluruh anggota OSPC dan koordinator pramuka baru.

Serah Terima Amanat dari Ketua OSPC 2019/2020 ke Ketua OSPC 2021/2022 (Foto:Condong Media)

Setelah rentetan acara tersebut, barulah serah terima amanat berlangsung yang diawali oleh ketua OSPC. Dengan menandatangani dan penyerahan seluruh atribut khas bagian masing-masing, amanat pun resmi diserahkan kepada pengurus baru.

Suasana semakin haru saat pengurus lama harus bertukar tempat dengan pengurus baru seraya melambaikan tangan. Tanda bahwa mereka telah lengser dari jabatannya.

Setahun menjabat sebagai pengurus, tentu merupakan pengalaman dan pembelajaran yang sangat berharga bagi para pengurus lama. “Taka da gading yang tak retak. Begitupula dengan kepengurusan OSPC kami” Ucap Fadhila Nur Zakiyah ketua OSPC lama dalam sambutannya. Walaupun demikian, pimpinan beserta para asatidzat sangat mengapresiasi kerja keras mereka sebagai pengurus selama satu tahun menjabat.

Para pembimbing OSPC pun memberikan apresiasi bagi para pengurus berprestasi, diantaranya pengurus OSPC teraktif yaitu  Syifa Nurul Janna, Silma Nur Aulia, dan Rikma Sukma Fitriyani. Kemudian pengurus terkreatif yaitu Siti Nurhanisyah, Ira Yasha, dan Fina Nursafina. Pengurus teladan yaitu Marisa Tri, Hanna Noviana dan Azma Nailu Riyadloh. Pengurus terdisiplin yaitu Fadhila Nur Zakiyah, Karina Rosdiana, dan Wafiq Adillah Basya.

Tak lupa pembimbing pun memberi apresiasi kepada bagian terbaik yaitu Bagian Penerimaan Tamu, Bagian Takmir Masjid dan Bagian Koperasi Pelajar.

Selamat bertugas kepada pengurus OSPC dan koordinator pramuka masa bakti 2021-2022. Semoga dapat mengemban amanat dalam memajukan pondok dengan penuh keikhlasan. [Rachel Fauziyah Taufiq]

News and Event / News    Dibaca 166x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website