Dinobatkan Sebagai Pesantren Tangguh, Pesantren Condong Terima Penghargaan dari Pemkot Tasikmalaya

KH. Diding Darul Falah menerima sertifikat penghargaan dari Pemkot Tasikmalaya

CONDONG-ONLINE.COM, Tasikmalaya – Sebagai pesantren dengan jumlah santri dan Anshorul Ma’had mencapai 3.000 orang, Pesantren Condong memiliki tanggungjawab besar dalam memastikan keamanan dan keselamatan warga pondok dari paparan Covid-19.

Di awal keputusan pembukaan kembali kegiatan kepesantrenan pada awal tahun 2021, Pesantren Condong telah berijtihad dan mengantongi izin baik dari Pemerintah Kota Tasikmalaya maupun Dinas Kesehatan.

Untuk menjamin keamanan para santri selama mondok, pihak pesantren bahkan mengintruksikan seluruh santri untuk menjalani swab antigen saat kembalil ke pesantren. Selain itu, Pesantren Condong terus berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Satuan Tugas Covid-19 Kota dan Kecamatan, serta Aparat Keamanan baik Polri maupun TNI dalam penerapan protokol kesehatan di lingkungan pondok.

Apresiasi dan Kabar Baik

Sejak awal mula kasus Covid-19 bergulir, Dinas Kesehatan secara kontinyu berkoordinasi dengan Satgas Pesantren Condong dalam penanganan santri. Segala transparansi dan hubungan baik selalu berusaha diberikan Pesantren Condong dalam proses penanggulangan Covid-19. Hal ini pula yang membuat Dinkes mengapresiasi usaha pondok.

“Saya sangat mengapresiasi Pesantren Condong yang sangat akif terus melaporkan keadaan santri di pondok.” Tutur dr. Uus Supana selaku Kepala Dinkes saat memberikan imbauan terhadap wali santri di kantor utama Pesantren Condong.   

dr. Uus menyatakan bahwa Pesantren Condong layak menjadi proyek percontohan (Pilot Project) Pesantren Tangguh Covid-19 dengan beberapa kriteria yang dimiliki, antara lain: keberadaan dokter, tenaga medis, adanya SOP, ruang isolasi mandiri, dan bersedia melakukan pembatasan ketat terhadap warga luar pesantren.

Untuk itu, dr. Uus pun mengimbau kepada wali santri untuk tidak panik namun tetap waspada. Artinya, pondok telah menjalankan SOP dan penanganan semaksimal mungkin terhadap santri-santrinya sehingga perlu didukung dengan pikiran positif dan doa.

Senin, (14/12/2020) atas izin Allah Pesantren Condong menjadi salah satu nominasi dari dua pesantren lainnya dalam Apresiasi Garda Terdepan Penanggulangan Covid-19 Kota Tasikmalaya yang digagas Pemkot Tasikmalaya bekerjasama dengan RadarTV. Alhamdulillah, pada kategori Pesantren tangguh, Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah, Condong pun dinobatkan sebagai pemenangnya.

Senin, (15/2/2021) KH. Diding Darul Falah selaku Pimpinan Pesantren Condong turut menghadiri kegiatan vaksinasi yang digelar Pemkot Tasikmalaya di Puskesmas Kersanagara. Dalam kesempatan tersebut, Drs. H. Muhammad Yusuf selaku Plt Walikota Tasikmalaya memberikan langsung sertifikat penghargaan Pesantren Tangguh.

Tentunya hal ini menjadi penyemangat tersendiri di tengah masa sulit yang dijalani. Pesantren tangguh harus selalu siap menghadapi, bukan lari. Dan dengan segala rentetan ujian yang dialami beserta bonus yang didapat, semua menunjukan bahwa Allah memang menguji, namun Allah tetap mengasihi. Wallahu a’lam.[]  

News and Event / News    Dibaca 109x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website