Dari Launching Buku Hingga Sarasehan Literasi, Berikut Acara Lengkap Pekan Literasi Pelajar #5

CONDONG-ONLINE.COM, Tasikmalaya ─ Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah Condong merupakan Pesantren yang memiliki geliat literasi yang kuat di kalangan santrinya. Salah satu ekskul sastra dan kepenulisan yang bernama Komunitas Matapena Pesantren Condong menjadi salah satu bukti nyata eksistensi bidang literasi di sana.

Komunitas Matapena merupakan ekskul yang concern terhadap literasi khususnya dalam bidang sastra dan kepenulisan. Ekskul ini rutin mengadakan latihan mingguan bagi para anggotanya dan kerap menyelenggarakan berbagai acara seputar literasi. Salah satu acara besar Eskul Matapena yang hanya digelar setiap dua tahun sekali adalah Pekan Literasi Pelajar (PLP).

Pekan Literasi Pelajar (PLP) merupakan agenda dua tahunan ekskul Matapena yang diperuntukan bagi para pelajar SMP-SMA Se-Jawa Barat. Dalam kegiatan ini, anggota Komunitas Matapena rutin meluncurkan karya mereka baik berupa film maupun buku. Selain itu, program acara lain selain launching karya adalah Sarasehan Literasi bersama penulis dan sastrawan Nasional. Di antara yang pernah menjadi narasumber di PLP antara lain: Ahmad Fuadi, M. Irfan Hidayatullah, Tasaro GK, dan Tere Liye. Acara PLP juga turut dimeriahkan dengan Live Music, Teater, dan Bazar Buku juga kuliner.

Tahun ini, PLP memasuki tahun kelima, di mana Komunitas Matapena akan kembali meluncurkan karya berupa buku bergenre Self Improvemnents yang ditulis 15 anggotanya yang terpilih. Penulis yang akan hadir yakni Hana Hanifah dan Akbar Zainudin. Ada juga penampilan Teater dan Live Music dari Komunitas Matapena, serta bazar buku dan kuliner.

PLP #5 akan digelar selama satu pekan, yakni 6-13 Maret 2020. Untuk hari Jumat, (6/3) adalah waktu pelaksanaan Lomba Menulis Cerpen yang terdiri dari dua kategori, yakni kategori Internal (hanya antar santri se-pondok) dan eksternal (SMP-SMA Se-Jawa Barat). Ketentuan lomba menulis cerpen dapat dibaca di www.bit.ly/lombacerpenplp5

Adapun pada hari Kamis, (12/3) adalah kegiatan Ngaji Literasi yang berisi workshop menulis bersama Hana Hanifah dan Editor dari Gramedia. Acara ini hanya diperuntukan bagi internal Pesantren. Puncak acara PLP #5 sendiri akan berlangsung pada hari Jumat, (13/3) di Auditorium Pesantren Condong.

Untuk mengikuti acara PLP #5, para peserta dikenakan biaya sebesar 35.000,- dan 50.000,- untuk on the spot. Fasilitas yang akan didapatkan peserta antara lain: Buku karya Anggota Matapena, Softdrink, Merchandise, Book Signing, dan Doorprize.

Untuk mendaftar di acara PLP #5, Anda bisa menghubungi nomor berikut:

Usth. Lena 0857-9370-8573

Usth. Hania 0822-4550-4345

 

Informasi lebih lanjut:

Email: pekanliterasipelajar@gmail.com

Instagram: @pekanliterasipelajar

Website: www.condong-online.com

 

News and Event / News    Dibaca 740x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website