Asah Kemampuan dan Pengetahuan Kepramukaan Santriwati Melalui Ajang Pemilihan Miss Scouting 2020

Pemberian hadiah kepada Lilis Rahmatillah sebagai Miss Scouting terpilih 2020 (Foto : Condong Online)

CONDONG-ONLINE.COM- Kamis (13/8) bagian koordinator pramuka putri kembali menggelar ajang pemilihan Miss Scouting yang diadakan di Auditorium Pondok Pesantren Condong. Ajang ini digelar sebagai salah satu momen peringatan hari pramuka yang berlangsung keesokan harinya.

Miss scouting merupakan ajang pemilihan bagi santriwati yang kompeten dalam bidang pramuka. Tak hanya tentang kepramukaan, para peserta yang merupakan delegasi dari tiap angkatan harus memiliki wawasan yang luas mengenai ilmu agama dan wawasan umum.

“Pramuka merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh santri. Melalui kegiatan pramuka ini, diharapkan dapat melahirkan santri-santri dengan jiwa pemimpin.” Ujara Ustadzah Herni Mahmudah dalam sambutannya selaku Kepala Bagian Koordinator Pramuka Putri.

Sebelum dipilih menjadi kandidat calon Miss Scouting, para kandidat melalui beberapa tahap seleksi. Tahap pertama merupakan seleksi tulis dengan menjawab pertanyaan tentang kepramukaan. Tahap berikutnya para peserta yang lolos harus menunjukkan bakat yang dimiliki melalui tahap showing talent. Para peserta yang lolos di tahap showing talent, selanjutnya harus membuat hasta karya kerajinan tangan.

"Ranking 1" seleksi tahap pertama Miss Scouting 2020 (Foto : Condong Online)

Dari berbagai tahapan seleksi tersebut, tersisalah satu orang dari tiap angkatan untuk maju ke babak final. Babak final terdiri dari empat sesi, sesi pertama yaitu “Ranking 1” merupakan sesi tanya jawab, para peserta diharuskan menjawab 10 pertanyaan tentang kepramukaan. Sesi kedua yaitu LCT (Lomba Cepat Tepat) pada sesi ini peserta yang membunyikan bel pertama ialah yang berhak menjawab soal yang diajukan oleh juri.

Kemudian sesi ketiga yaitu Problem Solving atau pemecahan masalah tentang kepramukaan, masing-masing peserta diberi satu permasalahan yang berkaitan dengan nilai-nilai kepramukaan. Sesi terakhir yaitu showing talent, pada sesi ini para peserta menampilkan kemampuan mereka di hadapan para santri.

Foto bersama koordinator pramuka dan juri Miss Scouting 2020 (Foto : Condong Online)

Setelah melalui keempat sesi tersebut, di akhir acara Miss Scouting 2019 hadir ke atas panggung untuk menyerahkan mahkotanya kepada Miss Scouting tahun 2020. Dan Miss Scouting 2020 dinobatkan kepada Lilis Rahmatillah dari kelas XI MIPA B. Lilis memang dikenal aktif dalam kegiatan pramuka dan telah memiliki banyak pengalaman di bidang kepramukaan sejak kelas VII, maka tak heran apabila Lilis kini dinobatkan menjadi Miss Scouting 2020, selamat!.

News and Event / News    Dibaca 189x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website