Aplikasi Tamam, Solidaritas antar Alumni serta Kesucian IKPM pada KONSOLIDASI NASIONAL PP IKPM di IKPM GONTOR CAB. TASIKMALAYA

 

CONDONG-ONLINE.COM, Tasikmalaya- Perjalanan Konsolidasi Nasional PP IKPM Gontor akhirnya tiba di Tasikmalaya. Kamis, 24 Oktober 2019 PP IKPM memulai konsolidasi di Yogyakarta dilanjutkan ke daerah Kebumen, Cilacap hingga tiba di wilayah Ciamis pada hari Sabtu, 26 Oktober 2019 yang merupakan salah satu wilayah IKPM Gontor Cabang Tasikmalaya. IKPM Gontor Cabang Tasikmalaya meliputi daerah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran. Kunjungan dilakukan pada beberapa pondok pesantren serta sektor usaha para alumni di wilayah tersebut diantaranya PP Miftahul Anwar Ciamis dan Perusaan Laundry serta Perkebunaan milik Ust. Zulfikar. Perjalanan dilanjutkan menuju Kota Tasikmalaya yaitu Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah yang bertempat di Condong Cibeureum Kota Tasikmalaya. Disinilah Konsolidasi Nasional untuk para pengurus IKPM Gontor Cabang Tasikmalaya dan bagi seluruh alumni Pondok Modern Darussalam Gontor lintas marhalah diadakan.

Para Pengurus Pusat IKPM yang hadir dalam rombongan kunjungan Konsolidasi IKPM Gontor diantaranya Al ustadz H. Saepul Anwar, M.Pd, Al Ustadz Mujib Abdurrahman, Lc,. M.Ag. Al ustadz H. Imam Iskarom, Lc. Serta tiga orang staaf  dari Asatidz yang turut serta menemani.

Acara diadakan di Auditorium Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah dimulai dari pukul 20.00 hingga pukul 23.30. Dihadiri oleh para alumni lintas marhalah serta santri dan santriwati akhir Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah. Pembacaan Qira’atul Qur’an oleh salah satu santri Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah membuka acara dengan khidmah, dilanjutkan dengan menyanyikan hymne Oh Pondokku.

 

MC Acara

 

Qori`ul Qur`an

Pemimpin Hymne 

 Para Alumni dengan Khidmat menyanyikan lagu Hymne Oh Pondokku

 

Sambutan pertama oleh Pimpinan Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah yaitu KH. Mahmud Farid, M.Pd selaku Kepala SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum, selanjutnya sambutan dari Ketua Umum IKPM Gontor Cabang Tasikmalaya perioder 2019-2024 yaitu KH. Deni Rustandi, M.Ag juga sebagai Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Rajapolah Tasikmalaya dan terakhir sambutan dari PP IKPM Gontor yaitu Al Ust. H. Saepul Anwar, M.Pd.

 

Sambutan 1 oleh KH. Mahmud Farid, M.Pd.

 

Sambutan 2 Oleh KH. Ahamd Deni Rustandi, M.Ag.

 

Sambutan 3 oleh Al Ustadz H. Saepul Anwar, M.Pd.

Menuju acara paling dinanti yaitu Tanya jawab seputar IKPM dari para tamu yang hadir kepada Pengurus Pusat IKPM, dimoderatori oleh Al Ust. H. Mustofa. Tiga pertanyaan terlontar dari dua alumni Gontor dan satu alumni Gontor Putri. Pertanyaan pertama mengenai alasan dikeluarkannya keputusan tentang aplikasi tamam, pertanyaan kedua mengenai cara menjaga koordinasi dan solidaritas antara IKPM alumni senior (Suyukh) dan junior (Ha Ulaai) dan pertanyaan ketiga mengenai alasan IKPM tidak di daftarkan pada akta notaris agar menjadi organisasi resmi dan mendapat bantuan pemerintah

 

Moderator Diskusi oleh Al Ustadz H. Mustofa selaku Pembina IKPM Gontor Cabang Tasikmalaya

 

Para Peserta yang bertanya

Al Ustadz H. Saepul Anwar S.Ag dan Al ustadz H. Imam Iskarom, Lc menjawab semua pertanyaan dengan kesimpulan, 1. Keputusan mengenai diberhentikannya aplikasi tamam karena sudah tidak sesuai dengan arah dan falsafah pondok serta coita-cita pendiri pondok, yang mana unit usaha pondok merupakan unit usaha transparan namun tidak menerima interpensi. Atas segala pertimbangan yang ada disebabkan karena adanya campur tangan pihak luar pondok, maka kelanjutan aplikasi tama mini diberhentikan. 2. Solidaritas antar alumni senior dan junior harus dibangun dengan cara junior mengunjungi senior (silaturahim) dan memperbaiki etika untuk mengajak senior bergabung dalam suatu kegiatan IKPM, 3. IKPM adalah komunitas silaturahim dan wadah bagi para alumni untuk memperkuat ukhuwah, IKPM tidak perlu adanya legalitas organisasi karena pada dasarnya IKPM berkiblat pada arah dan tujuan Pondok Modern Darussalam Gontor, maka tidak ada alasan untuk terikat pada pemerintah karena sudah kejadian pergerakan IKPM ditunggangi oleh oknum politik.

Tak terasa tiga jam lamanya perbincangan mengenai IKPM berlalu. Acara ditutup dengan pomberian cinderamata dari PP IKPM Gontor ke Pengurus IKPM Gontor Cabang Tasikmalaya dan sebaliknya, diakhiri do’a dan makan bersama parasmanan yang telah disajikan.

Begitu berartinya kedatangan PP IKPM di wilayah IKPM Gontor Cabang Tasikmalaya khususnys di Pondok Modern Darussalam Gontor. Hal ini memberikan pengaruh positif, ketetapan hati untuk menjadi alumni berkualitas dan memperkuat nilai-nilai perjuangan khususnya bagi para alumni yang mengabdikan dirinya di Pondok Pesantren. Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh Asatidz PP IKPM yang telah bersedia hadir dan meluangkan waktunya untuk berbagi semangat dan kekuatan tersebut.

PP IKPM dan para alumni Putra

PP IKPM dan para Alumni Putri

 

PP IKPM bersama para santri dan santriwati Akhir Pondok Pesantren Riyadlul `Ulum Wadda`wah Condong Tasikmalaya

Tidak berhenti di Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Tasikmalaya, perjalanan Silaturahim dan konsolidasi PP IKPM berlanjut di beberapa pondok pesantren di wilayah IKPM Gontor Cabang Tasikmalaya diantaranya Pondok Pesantren Darussalam Rajapolah, PP Darul Muta’alimin Bantar, PP Amanah Sambong, PP Dadali Dinillah Cikadongdong kemudian melanjutkan perjalanan ke Kebumen hingga akhirnya kembali ke Ponorogo.

Kunjungan PP IKPM di beberapa pondok pesantren di wilayah IKPM Gontor Cabang Tasikmalaya

News and Event / News    Dibaca 1.038x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website