81 Pesantren Se-Jawa Barat Ikuti Pelatihan dan Magang OPOP Tahun 2022 Di Pesantren Condong

Bapak Pimpinan dengan jajaran UPTD UMKM Jawa Barat membuka acara Pelatihan dan Magang One Pesantren One Product di Pesantren Condong (dok:Condong Media)

CONDONG-ONLINE.COM, Tasikmalaya – Pada 04-07 Juli, pemerintah provinsi Jawa Barat menggelar acara pelatihan dan magang one pesantren one product di Pesantren Condong, sejumlah 81 pesantren se-Jawa Barat hadir dalam kegiatan ini, selama 4 hari mereka mengikuti pelatihan yang berupa seminar dan praktek dalam mengelola bisnis pesantren, tak lupa mereka juga mempromosikan produk pesantren mereka sendiri.

Pada hari pertama narasumber yang diundang adalah para ahli dari beberapa lembaga di luar pesantren, selama satu hari para peserta menerima materi seputar bisnis secara umum dan etika bisnis halal di pesantren, materi ini membahas seputar keuntungan mengelola bisnis halal dan non-halal.

Di hari kedua, para peserta melakukan praktek dengan role model, laa tunsa bakery Pesantren Condong, dari mulai pengelolaan keuangan  pembuatan produk, tujuan pemasaran hingga pendapatn di kupas secara tuntas oleh Ustazah Dewi Hamidatus Sholihah, S.E, selaku tim ekonomi Pesantren Condong.

Para peserta pelatihan dan magang berfoto bersama dewan pimpinan Pesantren Condong dan Dinas UMKM Jawa Barat (dok:Condong Media)

Selama pelatihan ini peserta sangat antusias, walalupun beberapa diantaranya sudah menginjak umur sepuh, tapi kesemangatan mereka dalam mengikuti pelatihan ini sangat diacungi jempol, karena sesuai pepatah “mencari ilmu itu dari buaian hingga liang lahat”.

Di hari ketiga, para peserta mendapatkan materi dari narasumber lokal, yaitu dari Pesantren Condong, diantaranya ialah Ustaz Budi Syihabuddin, M.Pd., Ustaz Bubun, S.H., Ustazah Aam Amanah, S.Pd., dan Ustazah Dewi Hamidatus Sholihah, S.E., dengan materi seputar pengembangan bisnis model canvass.

Ada juga materi tambahan dari Ustazah Nurul Laelah Al-Fauziah, S.E., dan Bapak Bambang Setiawan, M.E.Sy., seputar akuntansi bisnis yang baik dan benar, agar pelaporan keuangan bersifat transparan tanpa ada yang ditutup-tutupi.

Sebagian peserta berdo'a dalam kelancaran acara ini (dok:Condong Media)

Di hari terakhir para peserta mempresentasikan bisnisnya di depan dewan juri, mereka mengambil inovasi bisnis dari Pesantren Condong dan mengembangkan inovasi mereka sendiri dalam pengembangan bisnis di pesantren mereka, selama kurang lebih 5 jam melaksanakan presentasi sejumlah 81 pesantren di Jawa Barat telah melaksanakan kegiatan ini dengan baik.

Peserta Terbaik, Terheboh dan Teladan menerima pengghargaan dan kenag-kenangan dari Pesantren Condong (dok:Condong Media)

Alhamdulillah penutupan acara dilaksanakan pada pukul 14:00 di auditorium Pesantren Condong, ditandai dengan pelepasan kartu peserta secara simbolis, dan pemberihan penghargaan peserta terbaik, terheboh, dan teladan di acara pelatihan dan magang OPOP tahun 2022, “ingat selalu rumus berdo’a, minta do’a dan mendo’akan, inilah rumus Pesantren Condong agar selalu eksis dan terus berkembang, condong bukan yang terbaik, tapi ingin menjadi lebih baik” tutur KH Drs. Mahmud Farid, M.Pd. dalam sambutan pelepasan peserta pelatihan dan magang OPOP tahun 2022, semoga ilmunya berkah dan bermanfaat di tempatnya masing-masing, aamiin yaa rabbal aalamiin.

News and Event / News    Dibaca 215x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website