Aa Gym di ILC: Kami Bergerak, Karena Kami Beriman

Oleh, Rahmat Mulya Nugraha

Aa Gym saat berbicara di acara ILC

Sumber: Cerianews.com

KH. Abdullah Gymnastiar atau sapaan akrabnya Aa Gym menghadiri undangan acara ILC (Indonesian Lawyers Club) dengan tema “setelah 411”, di Jakarta selasa (08/11/2016) lalu. Ada yang menarik ketika Pimpinan ponpes daarut Tauhid ini diberi kesempatan untuk berbicara. Beliau merasa heran kok bisa demo aksi damai 411 itu dihadiri oleh kaum muslimin yang begitu banyak, saking banyaknya beliau merasa teringatkan oleh sebuah ritual sakral yang kerap dilaksanakan oleh semua muslim seluruh dunia yang dialksanakan di ka’bah yaitu haji.

Dan belian pun merasa heran koq bisa-bisanya beliau itu ikut-ikutan bergerak padahal beliau sendiri rada kurang sama yang namanya demo kecuali demo masak. Lalu beliaupun menjawab pertanyaan yang dipaparkan sendiri seraya berkata  “Oh ini bergerak, ngongkos sendiri, semuanya ini masalah hati. Jadi ada rasa di sini yang tidak bisa dijelaskan. Dan orang yang tidak merasakannya tidak akan mengerti.”

Bergeraknya umat muslim pada aksi damai 411 karena keterpanggilan hati, hati yang merasa terusik dengan sebuah pernyataan dari orang yang tidak berkompeten dalam menafsirkan sebuah ayat. Ayat yang selalu dilantunkan oleh seluruh muslim dunia di anggap bohong dan orang yang menerangkan ayat al-quran pun tidak luput dari sebuah kebohongan, karena sumbernya pun sudah dia klaim bohong.

Hati orang yang melakukan aksi damai 411 adalah hati seorang muslim yang ikhlas, mereka berangkat karena panggilan hati, ongkos pun dari pribadi masing-masing. Dan orang yeng berhalangan hadir pun terwakili oleh sebuah sedekah materi untuk mendampingi mereka yang bisa melakukan aksi damai 411 itu, karena hati mereka adalah hati yang sehat.

Hati yang sehat adalah hati yang selamat (bersih) di mana tidak ada seorang manusia pun yang selamat saat mengahdap allah pada hari kiamat kecuali denganya, sebagaimana termaktub dalam Al-quran surah asy- syu’’araa’: 88-89. Dan batasan hati yang selamat adalah selamat dari menyekutukan allah dalam bentuk apa pun sehingga hati tersebut benar-benar hanya mengabdi kepada allah.

Sehingga kalau saja sang hati mencintai sesuatu, maka mencintainya pun karena allah. Bila sang hati membencei sesuatu, maka membencinya pun karena allah. Bila sang hati menolak untuk memberi sesuatu, hal itu semata-mata karena allah. Kemudian, bila sang hati mendorong untuk melakukan sesuatu, hal itu pun dilakukan atas dasar karena allah pula.

dan perbuatan diatas adalah sebuah aplikasi iman yang ada pada setiap orang mukmin, mereka mengimani bahwa perbuatan mereka adalah perbuatan benar, perbuatan baik, dan meyakini ada sebuah kemunkaran yang terjadi, maka sesuai anjuran Rasulullah barang siapa yang melihat sebuah kemunkaran maka rubahlah dengan dengan tangan, apabila tidak mampu maka rubahlah dengan ucapan dan apabila tidak mampu maka rubahlah dengan hati maka hal tesebutlah termasuk iman yang paling lemah.

Maka dari sini mungkin kita bisa tarik garis besar, apa yang dilakukan sahabat-sahabat kita dalam aksi damai 411 adalah sebuah aplikasi dari iman yang ada pada sediap hati mukmin. Dan orang yang tidak paham atau bahkan mengolok-olok aksi damai 411 maka tanyakanlah pada dirinya apakah imannya masih baik atau tidak. [Rahmat]

Dunia Islam / Nasional    Dibaca 1.431x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah condong online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website