Pemuda Muslim Perlu Lebih Banyak Figur Seperti Ini

Saat ini pemuda Muslim tengah krisis figur idola. Biasanya, kalau bukan seleb dari negeri Ginseng yang biasa disebut K-Pop, pasti seleb Hollywood. Atau malah idolanya berasal dari jajaran selebgram tanah air yang karakter dan kepribadiannya amat jauh dari nilai Islami.

CONDONG-ONLINE-Namun, ditengah derasnya arus krisis akhlak, masih ada segelintir figur anak muda Muslim yang dinilai memiliki gaya hidup Islami serta berprestasi. Tentunya, sosok-sosok ini patut ditiru dan dijadikan panutan, agar lebih banyak lagi generasi muda yang lahir seperti mereka. Siapa sajakah figur pemuda muslim panutan ini? Berikut ulasannya!

Fatih Seferagic

Foto: theprimaditha

Foto: theprimadihita

Pemuda kebangsaan Bosnia yang menetap di Amerika Srikat ini adalah seorang Hafidz Quran. Namanya mulai dikenal dunia lantaran video youtube dirinya yang tengah menjadi imam shalat di sebuah masjid. Daya tariknya sendiri adalah dari hafalan quran, merdu lantunan suara serta dalamnya penghayatan Fatih dari setiap ayat.

Belakangan, Fatih mengadakan tour di Indonesia. Dalam kesempatan itu, Fatih menjadi imam shalat, sharing seputar pengalamannya menghafal Al-quran, serta berbagi pengalaman lainnya.

Banyak hal positif yang ia tularkan pada remaja Muslim Indonesia atas kunjungannya. Sosok faith ini dirasa bagaikan oase di tengah gersangnya padang sahara pemuda muslim yang lebih memilih menghafal lagu barat dibanding membaca Al-quran. Salut untuk faith dan orangtua yang mendidiknya hingga bias seperti sekarang. Sungguh patut ditiru.

Harris J

Foto: Bintang pictures

Hal yang paling disukai dunia remaja adalah musik. Maka, kehadiran Harris J pun bisa diterima dengan baik oleh para remaja Muslim yang seakan kehilangan sosok penyanyi muda muslim. Meskipun banyak penyanyi di Indonesia yang muslim, tapi tidak banyak yang memiliki lagu bernuansa religi. Mayoritas masih genre percintaan.

Hadirnya Harris J ini tentu menjadi tren baru. Selain lagu-lagunya bermuatan positif dan Islami, gayanya pun meremaja dan tidak kaku. Jadi wajar jika ia banyak diidolakan remaja bahkan kalangan ibu-ibu.  

Wirda Mansur

Foto: Instagram/ @wirda_mansur

Putri ustadz kondang Yusuf Mansur ini dikenal sebagai Hafidzah, Penyanyi sekaligus Da’i. Bahkan terkadang ia sering menggantikan ayahnya mengisi pengajian jika jadwal ayahnya bentrok. Wirda juga pernah membuat single lagu bertajuk religi. Ia pun kerap diundang stasun televisi untuk mengisi program Hafidz Quran.

Kabar terbaru dari Wirda, ia tengah berbahagia karena lulus tes masuk universitas Oxford. Tentu dengan prestasinya ini, Wirda sangat patut dicontoh. Selain berbakat dan cerdas, pemahaman agamanya pun sangat mumpuni.

Panji Ramdana

Foto: Tumblre / Melody Dalam Puisi

Panji adalah seorang sastrawan, penulis dan enterpreneur kondang. Namanya mulai dikenal berkat musikalisasi puisi dengan latar suara khas dirinya yang diupload di Instagram juga Youtube. Tema-tema puisi yang dekat dengan kehidupan remaja, membuat karya-karyanya digemari. Bahkan buku-bukunya yang dijual secara indie selalu best seller.

Yang patut ditiru dari panji adalah setiap karyanya selalu mengajak pembaca untuk berbuat baik serta berubah menjadi lebih baik.   

Muzammil Hasballah

Foto: Hipwee pictures

Muzammil adalah seorang hafidz Quran yang juga mahasiswa jurusan arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB). Sama halnya seperti Fatih, ia terkenal berkat video dirinya saat menjadi imam shalat Jum’at diunggah ke Youtube. Suaranya yang merdu serta penghayatan yang mendalam, membuat videonya viral dan banyak disukai orang.

Yang menarik dari Muzammil adalah, meski seorang hafidz, tapi ia memiliki hobi yang meremaja banget, yaitu bermain skateboard.

Anandito Dwis

Foto: Instagram/ @ananditodwis

Anandito merupakan seorang munsyid (vocalist nasyid) dari Bandung. Tidak sekedar tampan, Dito pun aktif menyebarkan dakwah di Instagram dan lagu-lagunya yang bernuansa remaja. Beberapa lagunya mengajak anak muda untuk tidak pacaran sampai halal.

Hamas Syahid

Foto: Daily Moslem

Hamas dikenal berkat perannya dalam film Ketika Mas Gagah Pergi yang diangkat dari Cerpen karya Helvi Tiana Rosa. Walau seorang aktor, Hamas pun hafal Al-quran 30 juz. Banyak yang memuji kualitas aktingnya khususnya remaja.

Nah, itulah beberapa figur pemuda Muslim yang perlu ditiru kaum remaja khususnya di Indonesia. Cita-cita dan profesi apapun boleh dicapai tanpa harus melupakan agama. Bahkan saat ini, yang memiliki pemahaman agama lebih dalam, akan mendapat nilai plus di mata masyarakat. [Lena]

Tips and Inspiration / Teladan    Dibaca 1.655x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website