Didi Foundation: Langkah Besar Relawan Muda Peduli Lingkungan dan Pendidikan Anak

Foto: dok. Didi Foundation

CONDONG-ONLINE – Sebagian orang lebih senang berkomentar tanpa bertindak saat melihat kesenjangan pendidikan anak Indonesia di daerah terpencil. Atau tidak sedikit yang bahkan acuh dengan lingkungan sekitar beserta kebersihannya, padahal dari sana lah sumber kehidupan bermula.

Namun, berbeda dengan beberapa aktivis muda yang tergabung dalam Didi Foundation. Didi Foundation sendiri adalah salah satu lembaga sosial sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap lingkungan, terutama anak-anak di Indonesia dalam bidang pendidikan dan kesehatan.

Berdiri pada bulan Mei 2017 dengan Bang Arad sebagai founder-nya. Ia adalah mahasiswa kedokteran dan dibantu oleh 5 tim inti. 4 di antaranya adalah alumni dari Pondok Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Condong.

4 Relawan alumni pesantren Condong tersebut adalah Anwar Kamil Hanif, Shovia Noor Windy, Silva Agustina dan Salma Nabila Mawarni. Dengan latar belakang pendidikan dan kampus yang berbeda, mereka bersatu atas dasar kepedulian yang tinggi. Untuk mengetahui lebih dalam tentang profil keempatnya, bisa dibaca di Majalah Condong edisi 16 Juli-Septeber 2017.

Foto: Dok. Didi Foundation/ Salma bawah kiri, Shovia bawah kanan

Lembaga sosial ini memiliki visi “Menyelamatkan pendidikan dan kesehatan anak bangsa”.

Sedangkan misinya adalah, “Memberikan subsidi berupa alat tulis, buku atau perlengkapan sekolah kepada anak-anak secara sosial ekonomi. Membuat berbagai kegiatan untuk memotivasi mereka akan pentingnya penddidikan dan kesehatan agar mereka dapat terinspirasi serta memahami potensi yang ada pada diri mereka maisng-masing. Memfasilitasi lingkungan mereka dengan buku-buku bacaan yang sederhana tapi berkuaitas, sehingga dapat menjadi rumah sederhana yang dapat menumbuhkan cinta membaca dan  budaya menulis.”

Program Didi Foundation

Para relawan berharap Didi Foundation bisa lebih berkembang dalam segala hal khususnya untuk ikut serta membantu dan bertanggungjawab dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, juga lebih dikenal masyarakat.

Beberapa bentuk kegiatan Didi Foundation adalah sebagai berikut:

  1. Sahabat Didi: Kegiatan membagikan buku gratis, alat sekolah, makanan atau kebutuhan lainnya kepada anak-anak.
  2. Rumah Didi: Membuat/memperbaiki perpustakaan di Desa.
  3. Didicare: Memberikan kesehatan gratis bagi anak-anak serta memberikan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan .
  4. Inspirasi Didi: Mengajar ke SD dan menginspirasi mereka tentang pentingnya pendidikan.

Para relawan sudah menjalankan program pertamanya pada 28-31 Juli 2017 di SDN 1 PURWODADI, Majatengah, Karangkobar, Banjarnegara. Tema kegiatan tersebut adalah Learn On the Value Empowerment (LOVE).

Kedepannya, Didi Foundation akan semakin melebarkan sayapnya dengan berbagai program unggulan. Namun lembaga sosial ini juga memerlukan bantuan dari lebih banyak khalayak agar tujuan mulianya dapat terwujud dengan baik. Oleh karena itu, bagi yang ingin menjadi relawan baik dari segi moral, tenaga dan materi, bisa mengunjungi akun media sosialnya, seperti Instagram, Twitter dan Facebook @sahabatDidi.[Lena & Sarah]

Tips and Inspiration / Teladan    Dibaca 452x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website