Menikmati Kemegahan Piramida di Mesir

CONDONG-ONLINE - Sejarah piramida Mesir hingga sekarang masih banyak diperbincangkan karena daya tarik ilmuan akan kemegahan dan kecanggihan pembangunannya pada zaman dahulu dimana teknologi belum ditemukan seperti sekarang ini.

Banyak ilmuan yang mencoba menguak misteri piramida Mesir baik dari cara pembangunannya sampai munculnya teori konspirasi adanya hubungan antara piramida dengan alien.
Banyak pertanyaan yang bermunculnya terkait dengan pembangunan piramid ini. Siapa sebenarnya yang membangun Piramida Mesir ini dengan kecerdasan dan keakuratan yang luar biasa sehingga menciptakan sejarah piramida penuh misteri. Untuk apa tujuan dibangunnya piramida ini? mari kita kupas hal tersebut di bawah ini.

Sejarah Piramida Mesir

Sebagian masyarakat dari kerajaan Poshi menduduki tempat ini pada abad ke 6 SM. Mereka kehilangan kedudukannya lebih dari 2.000 tahun dan menerima kekuasaan dari kerajaan Yunani, kerajaan Islam, Roma dan negara lainnya.

Sejak zaman itu banyak karya besar akan sejarah piramida Mesir khususnya membahas tentang kerajaan Fir’aun. Karya besar akan sejarah tersebut sedikit demi sedikit dihancurkan dan digantikan dengan budaya baru yang masuk ke daerah tersebut, namun beberapa tim peneliti sejarawan masih dapat menemukannya.

Pertama kali penggalian dilakukan pada masa jenderal Khalifah Al-Ma’mun pada tahun 820 M, mereka menemukan jalan rahasia masuk ke dalam piramida, berharap pada saat itu ditemukannya harta karun berupa emas, berlian maupun yang lain terkubur di samping peti para raja Mesir pada saat itu. Namun naasnya mereka tidak menemukan satu buah harta karun sama sekali, bahkan dinding dari makam tersebut kosong tidak ada ukiran satupun yang ditemukan.

Sejarawan meneliti sejarah piramida Mesir jika pada saat pertama kali penggalian pasukan oleh Khalifah Al-Ma’mun sudah mengalami pencurian harta karun terlebih dahulu, namun mereka menyimpulkan jika sangat sulit mencuri harta karun melalui jalan lain dan juga menghapus semua ukiran yang ada di dinding makam tersebut.

Namun penggalian selanjutnya mengungkapkan sejarah piramida Mesir banyak ditemukan harta karun di sekitar makam yang pada akhirnya disimpan oleh pemerintah setempat untuk dijadikan pameran dan diamankan dari para penjarah harta karun.

Banyak pendapat yang bermunculan tentang sejarah Piramida Mesir ini mulai dari bangunan makam pada zaman Firaun, bangunan peninggalan UFO, bahkan ada juga yang berpendapat jika piramida ini merupakan bangunan peninggalan bangsa Atlantis.

Namun dalam sebuah catatan berjudul Inventory Stela mengungkapkan sejarah piramida Mesir yang berbeda dengan para peneliti, dalam catatan tersebut dikatakan jika piramida Mesir sudah ada sebelum Khufu. Catatan pada batu prasasti tersebut berbeda dengan pandangan tradisional masyarakat sekitar.

Dengan berkembangnya teknologi yang ada saat ini diharapkan dapat dengan mudah meneliti sejarah utama atau asal usul piramida Mesir yang masih menjadi misteri hingga saat ini. 

Berwisata ke Piramida

Ada sekitar 168 Piramida yang ditemukan di Mesir, tetapi yang sangat terkenal dan menjadi ikon adalah Piramida yang berada di Giza atau disebut The Great Pyramid. Piramida ini berada dalam satu area bersama patung manusia berkepala singa, Sphinx.

Piramida Giza memang yang paling besar di antara piramida-piramida yang ditemukan di Mesir tetapi bukanlah piramida tertua. Piramida tertua adalah Piramida Sakkara yang terletak di sebelah barat Laut Memphis, ibukota Mesir zaman dahulu yang dibangun pada 2630 SM-2611 SM.

Piramida kedua tertua dibangun pada 2613 SM-2589 SM adalah Piramida Dahshour, berada sekitar 7 km selatan Piramida Sakkara. Dibangun pada masa Firaun Sneferu periode Old Kingdom.

Ada dua Piramida besar di area ini yaitu Red Pyramid atau piramida merah dan Bent Pyramid (piramida bengkok). Kalau Sakkara berada dekat Memphis, Piramida Dahshour berada di Necropolis, yang sempat juga menjadi ibukota Mesir kuno setelah Memphis.

Lokasi Piramida Dashour ini hanya sekitar 25 km dari Piramida Giza. Namun jika ditarik garis lurus, Piramida-piramida itu terletak pada satu garis. Akses jalan memang belum begitu bagus jika dibandingkan Piramida Giza yang terletak nyaris di tengah kota dan di pinggir jalan. Tempat ini jarang ada dalam paket-paket tur karena lokasinya yang agak terpencil dan kurang populer.

Tidak ada kendaraan umum yang melayani rute ke Dashour dan jika ingin menuju ke sana, Anda harus menyewa mobil. Saya sih menyarankan jika Anda pergi ke Dashour, mampirlah terlebih dulu ke Sakkara dan Memphis yang letaknya tak jauh dari situs Dashour. Berangkatlah agak pagi agar punya lebih banyak waktu untuk berkeliling.

Masuk ke Dahshour, Anda akan membayar tiket seharga 30 EGP (Rp 45 ribu) untuk umum dan 15 EGP (Rp 22 ribu) untuk pelajar. Lebih murah dibandingkan dengan tiket masuk ke Piramida Giza yang 60 EGP (Rp 90 ribu ) untuk umum dan 30 EGP (Rp 45 ribu) untuk pelajar.

Lokasinya cukup sepi dibandingkan Giza. Dan ternyata tempat ini dulu sempat tertutup untuk wisatawan karena di dalamnya terdapat kamp militer. Saat ini, walaupun sudah dibuka untuk wisatawan, kamp militer masih terdapat di area Piramida Dahshour.

Red Pyramid memiliki tinggi 104 meter dan luas dasarnya adalah 220 meter pesegi. Sedangkan Bent Pyramid adalah piramida unik, seperti namanya piramida ini berbentuk bengkok memiliki tinggi 101 meter dan luas dasarnya adalah 188 meter persegi.

Pintu masuk Piramida ternyata berupa lorong dengan kemiringan 45 derajat yang cukup curam dengan kedalaman sekitar 50 meter. Ada tangga berupa kayu yang diberi besi sebagai penahan kaki. Cukup ngeri jika kita melihat ke bawah dan harus hati-hati jika menuruni tangga. Tinggi pintu hanya sekitar 1 meter saja, jadi kita harus membungkukkan badan sambil menuruni tangga.

Sampai di dalam, pemandangan cukup menakjubkan walaupun udara pengap langsung menyergap. Ruangan terbagi atas tiga bagian, ruangan pertama dan kedua hanya berupa serambi. (detik.com, 14 Januari 2014)

Jadi, jika suatu saat berkesempatan ke Mesir, jangan lupa mampir ke kawasan piramida ya.[Nela S]

Tips and Inspiration / Rihlah    Dibaca 370x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website