Nggak Suka Baca? Coba 7 Tips Berikut!

Membaca (foto: Matapena Pesantren Condong)

CONDONG-ONLINE -- Selaku guru dan penggiat literasi, membaca tentu sudah jadi barang kebutuhan bagi saya. Selain butuh, ternyata membaca juga mendatangkan manfaat yang tak ternilai, seperti menghilangkan stres, menambah perbendaharaan kata dan bahasa, menstimulus kreativitas, juga menjadikan saya lebih `hidup`. Itulah mengapa saya mencintai aktivitas membaca.

Lalu suatu ketika, saya mengajar salah satu jenis teks di kelas yang mengharuskan siswa untuk membaca. Hasilnya? Dari 40 siswa, terbilang hanya 6 orang yang benar-benar hobi membaca. Sisanya hanya membaca saat perlu dan terpaksa. Bahkan ada yang disuruh baca teks dua halaman saja langsung ngantuk. Gawat!

Oleh karena itu, saya ingin sedikit membagikan tips bagi murid-murid saya, yang mungkin juga bisa kamu tiru. Berikut tujuh tips agar gemar membaca!

1. Baca Dulu Genre Buku yang Disuka

Membaca (foto: Matapena Pesantren Condong)

Ketika mengisi seminar atau talkshow, saya suka ditadah pertanyaan, gimana sih untuk memulai agar suka membaca? Nah, ini dia jawabannya! Tanyakan pada dirimu sendiri, genre buku apa yang disukai? Self improvement, novel, atau bahkan komik dan majalah mungkin? It`s ok! Yang penting mulai dulu dengan apa yang disukai. Lambat laun, jika kamu konsisten, genre bacaan kamu akan meningkat dengan sendirinya, karena sifat manusia cenderung bosan jika disuguhi hal yang sama dalam kurun waktu yang lama.

2. Rajin Main ke Toko Buku

Berkunjung ke toko buku (foto: Matapena Pesantren Condong)

Suka jalan-jalan ke mall? Usahakan jangan cuma shopping kebutuhan fashion atau makan, tapi biasakan juga mampir ke toko bukunya. Gunanya, agar kamu menemukan kecemburua. Kok? Lah iya, saat kamu menginjakan kaki di toko buku, dan disambut deretan buku dari berbagai genre, penulis dan penerbit, dijamin kamu akan terintimidasi buat baca salah satunya. Dan biasanya, setelah itu kamu akan cemburu kepada mereka; baik penulis bukunya atau pembaca lainnya yang getol membeli buku. Kok bisa ya penulis membuat karya yang begitu keren? Kok bisa ya mereka yang hobi baca sampai rela belanja buku sekantong penuh? Dari sana munculah kecemburuan yang positif untuk ikut membaca, membeli atau malah berkarya.

3. Berteman dengan Orang yang Gemar Membaca

Tiga sekawan yang hobi baca (foto: Matapena Pesantren Condong)

Pepatah mengatakan, orang yang berteman dengan tukang minyak wangi pasti akan kecipratan wanginya. Yup, quote tersebut sangat relevan dengan hobi membaca. Hobi baca itu ternyata bisa menular lho! Maka dari itu, bertemanlah dengan orang yang gemar membaca, sehingga kamu bisa ikut meminjam buku yang ia punya dan berbagi cerita seputar buku yang dibaca.

4. Sisihkan Uang buat Beli Buku

Membeli buku (foto: Matapena Pesantren Condong)

Berapa uang jajan yang kamu dapat dari orang tua? Atau jika kamu sudah bekerja, ada nggak pos khusus untuk pengeluaran belanja buku? Harus ada! Disiplinkan diri kamu untuk membeli buku perbulan minimal satu eksemplar. Dengan begitu, kamu akan punya tanggungjawab untuk membacanya, karena jika tidak, kamu akan merasa bersalah sudah mengeluarkan uang buat beli, tapi malah nggak dibaca.

5. Follow Akun Medsos Penulis, Penerbit, Dsb.

Seminar dengan salah seorang penulis (foto: Matapena Pesantren Condong)

Tips ini efektif lho! Saya sendiri mengikuti banyak akun penulis dan penerbit di medsos. Hasilnya? Saya jadi tertular! Apalagi jika penulis tersebut adalah idolamu, dijamin setiap buku yang dia rekomendasikan, atau buku yang ditulisnya, akan dengan senang hati kamu baca pula. Ya, namanya juga idola. Selain itu, penulis juga sering menulis quote yang relevan dengan dunia literasi, dan dijamin akan membuatmu semakin menyukai dunia perbukuan atau kepenulisan.

6. Gabung Komunitas Literasi

Seminar dengan salah seorang penulis (foto: Matapena Pesantren Condong)

Kalau kamu masih belum gemar juga membaca dengan mengikuti tips di atas, maka cobalah bergabung dengan komunitas literasi baik di sekolahmu, di kampusmu, di lingkungan sekitar, atau bisa juga di dunia maya. Gunanya, supaya kamu tidak merasa berjuang sendiri, sehingga ada teman untuk berbagi, berdiskusi dan berkonsultasi.

7. Manfaatkan Waktu Nunggu

Membaca di manapun (foto: Majalah Condong)

Apa yang kamu lakukan saat antri di bank, antri pesan makanan, atau saat menunggu seseorang saat janjian? Pasti 200 persen jawabannya buka medsos, betul nggak? I know you! Nah, mari kita ubah mindset dan kebiasaan itu. Sekarang, setiap akan pergi, biasakan membawa satu buku yang sekiranya muat di tas, dan ringan ditenteng. Saat kamu kebetulan harus nunggu, ambil buku itu, lalu non-aktifkan data kamu supaya tidak terganggu notifikasi medsos, dan kamu pun bisa membca dengan tenang. Tidak apa-apa jika buku itu tidak pernah selesai dibaca, setidaknya kamu sudah terbiasa dengan mindset bahwa menunggu adalah waktu membaca.

Nah, itu dia tujuh tips yang bisa kamu praktikan agar gemar membaca. Jika kamu punya tips lain yang lebih ampuh, ayo tuliskan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.[]

 

Salam Sastra, Salam Budaya!

Tasikmalaya, Agustus 2019

IG: @jurnallena

Tips and Inspiration / Motivasi    Dibaca 24x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website