5 Resep Sukses Belajar di Pesantren

Foto: dok. condong-online.com/ lenasayati

CONDONG-ONLINE - Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga untuk mencari ilmu. Dari sekian banyak santri yang belajar di pondok pesantren hampir sebagian besar mengalami krisis yaitu kurangnya motivasi santri belajar, dengan alasan yang beragam mulai dari suasana yang tidak nyaman, ada yang tidak betah, ada juga yang memang malas dan manja yang sulit untuk dihilangkan.

Barang siapa yang ingin bahagia di dunia maka carilah ilmunya, dan barang siapa yang menginginkan kebahagiaan akhirat maka carilah ilmunya, dan barang siapa yang menginginkan kebahagiaan keduanya maka carilah ilmunya”. Jika kita melihat hadis tersebut, pondok pesantren modern atau terpadu merupakan lembaga pendidikan yang sangat cocok untuk mencari ilmu dunia dan ilmu akhirat secara seimbang.

Perlu kita gali kembali upaya agar motivasi belajar meningkat yaitu :

1. Menetapkan Visi

Setiap santri hendaknya memiliki visi yang jelas “apa yang kau cari di pondok pesantren?” “Untuk apa belajar?“ “apa yang diharapkan ketika telah menyelesaikan studi?” Ketiga pertanyaan tersebut dapat menentukan apakah seseorang akan berhasil dalam menuntut ilmu di pondok pesantren.

2. Menanamkan belajar bukan karena paksaan

Istilahkan jadikan belajar sebagai makanan, dimana kita akan lapar jika tidak melakukannya. “Kebahagiaan adalah mereka yang berani bermimpi dan berani berkorban demi mewujudkan mimpinya”.

3. Fokus

Kehidupan tidak akan pernah menjadi luar biasa tanpa fokus, dedikasi dan disiplin”. Dengan fokus maka kita akan lebih tajam dalam menentukan sasaran. Ibaratnya sinar matahari tidak akan bisa membakar kertas akan tetapi jika sinarnya difokuskan lewat kaca pembesar (LUP), sinar ini mampu membakar tidak hanya kertas, tapi bahkan daging pun  bisa matang terbakar.

4. Tidak ada kamus kata menyerah

Setiap orang pastinya pernah mengalami kegagalan, dan untuk dapat mencapai keberhasilan maka perlu adanya perubahan. Jika kita menginginkan suatu perubahan, maka perbanyaklah usaha jangan diperbanyak gaya.

5. Membutuhkan waktu dan kesabaran

Kesabaran, keteguhan hati, dan kerja keras adalah kombinasi untuk sukses. Karenanya jika kita ingin sukses, maka kita harus siap menjalani prosesnya”. Menjalani proses, berarti kita siap berusaha dalam menjalani aktivitas yang ada. Keberhasilan di akhir, tentu menjadi gambaran bagaimana proses yang kita lewati.

Fenomena banyaknya santri yang pindah ke sekolah-sekolah di luar yang bukan pesantren sungguh sangat disayangkan. Ibarat dalam kehidupan mereka tidak lolos seleksi alam. Dimana mahluk hidup yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya lama kelamaan akan punah. Yang tertinggal hanyalah mereka yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Adapun Resep Sukses untuk hal ini adalah: “Belajar ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan, dan bermimpi ketika orang lain berharap”.[]

Narasumber: Nuraeni, M.Pd. (Guru di pondok pesantren Riyadlul `Ulum Wadda`wah Condong)

Tips and Inspiration / Motivasi    Dibaca 286x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website