Tips Menjaga Kesehatan Mata

Ilustrasi: allaboutvision.com

CONDONG-ONLINE – Mata merupakan salah satu anggota badan yang mempunyai fungsi penting. Dengan satu kenikmatan Allah SWT yang berupa mata ini, manusia tidak akan mampu menghintung berbagi manfaat yang diperoleh dari-Nya, karena terlalu banyak jumlah dan jenisnya.

Memiliki mata yang sehat merupakan dambaan setiap orang. Namun seringkali kita kurang bahkan mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan mata. Beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan kerusakan tersebut diantaranya:

  1. Membaca buku dalam kondisi cahaya kurang;
  2. Membaca buku dengan posisi tidur;
  3. Berlama-lama didepan layar monitor;
  4. Paparan sinar UV;
  5. Dll.

Allah SWT tidak akan menurunkan penyakit kecuali juga menurunkan obatnya, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA dari Nabi SAW bersabda:

“Allah SWT tidak menurunkan sakit, kecuali juga menurunkan obatnya”  (HR. Bukhari)

Oleh karena itu, terdapat banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Berikut adalah tips memelihara kesehatan mata agar tetap sehat;

  1. Bagi Anda yang memiliki rutinitas membaca dan menulis cukup tinggi, khususnya pelajar, maka hendaknya diusahakan membiasakan diri mengatur jarak ideal mata yaitu 30 cm.
  2. Posisi membaca yang tepat. Hindari posisi tidur ketika membaca.
  3. Pada kondisi kurangnya cahaya, mata akan dipaksa bekerja ekstra. Hal ini akan menyebabkan gangguan pada mata.
  4. Biasakan mengistirahatkan mata setelah mata di porsi dalam pekerjaan atau seringnya menatap layar monitor.
  5. Hindari kebiasaan mengucek mata menggunakan tangan secara langsung. Usahakan banyak mengkonsumsi makanan bergizi, khususnya yang mengandung vitamin A tinggi, seperti wortel.
  6. Hindari merokok. Banyak hasil penelitian yang mengatakan bahwa rokok dapat memberikan potensi gangguan mata yang sangat besar.
  7. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari. Radiasi dari sinar matahari juga dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Apabila melakukan kegiatan di luar ruangan dengan intensitas cahaya matahari yang sangat kuat, usahakan menggunakan kacamata dengan lensa yang terpolarisasi (tidak sekedar lensa gelap).
  8. Membiasakan melatih mata agar rileks. Cara sederhana yang dapat dilakukan yaitu cobalah memfokuskan mata pada suatu benda yang dekat dengan kita, sebuah benda yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.

 Begitu pentingnya menjaga kesehatan mata, karena jika mata kita tidak sehat maka akan ada banyak sekali aktivitas yang tertunda. Semoga bermanfaat.[]

Tips and Inspiration / Kesehatan    Dibaca 567x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website