OSPC Bagian Fotografi Gelar Workshop Fotografi Bertajuk Berdakwah Melalui Foto

sumber: condong-online/lenasayati (ustadz Asep tengah memberikan materi dasar fotografi)

CONDONG-ONLINE – Kamis-Jumat, (27-28/7) OSPC bagian Fotografi bekerjasama dengan Condong TV menggelar workshop Fotografi bersama ustadz Asep Sopyan, MA. Yang merupakan pengurus Gontor TV.

Acara ini dimulai Kamis sore dengan agenda pembukaan secara resmi bersama dewan pengasuhan santri. Materi workshop sendiri baru dimulai pada malam harinya pukul 20.00 WIB. Dalam kesempatan ini, ustadz Asep menekankan pentingnya menguasai teknik fotografi dan menjadikannya ladang dakwah. Maka tak heran, di awal materi beliau terlebih dulu mengenalkan para penemu dari ilmuan Muslim, termasuk penemu kamera yakni Al-Haytam.

Masuk lebih dalam pada materi teknik memotret, beliau menjelaskan mulai dari dasar-dasar peralatan kamera dan beberapa fiturnya. Peserta workshop yang berjumlah 100 orang lebih tampak antusias menyimak materi, terlebih karena narasumber kerap menampilkan contoh foto-foto cantik di layar infocus. Sehingga tak terasa, materi sesi pertama pun usai pada pukul 22.00 WIB.

Jumat pagi, yakni pada pukul 08.30 WIB materi dilanjutkan dengan pengarahan seputar praktek hunting. Peserta diajarkan secara langsung beberapa teknik khusus dalam memotret, seperti cara menangkap momen air yang jatuh, kendaraan yang melaju kencang, dll.

Setelah sedikit pengarahan, para peserta pun terjun langsung ke lingkungan pondok untuk melakukan hunting foto. Karena tidak semua memiliki kamera, jadilah dibentuk beberapa kelompok, agar bisa saling bergantian kamera tiap anggota.

sumber: condong-online/ salah satu karya peserta santri putra

Pasca hunting, tiap kelompok menyetorkan hasil fotonya ke panitia untuk dievaluasi dan dipilih siapa yang terbaik. Peserta terbaik pun mendapatkan hadiah berupa buku dari ustadz Asep.

Jumat sore, acara ini ditutup dengan sambutan dari kepala SMA Terpadu Drs. H. Mahmud Farid, M.Pd. tidak lupa, panitia menyiapkan cenderamata bagi pemateri dan berkesempatan mewawancarai beliau secara eksklusif untuk dokumentasi di Condong TV.

sumber: condong-online/Kepala SMA Terpadu tengah menutup acara

Setelah acara ini, komunitas Condonggraphy pun terbentuk guna mewadahi bakat-bakat fotografi para santri agar semakin terarah dan terlatih. Nantinya, komunitas ini pun berada di bawah naungan Condong TV, sehingga jika ada proyek liputan atau pengambilan gambar, anggota komunitas bisa ikut andil. [Lena]

News and Event / News    Dibaca 446x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website