Aplikasi Teori Nahwu Ciptakan Sistem Pembelajaran Menarik

Santri kelas dua antusias mengikuti pelajaran Nahwu di kelas

Photo by : Zulfa Nurfauziyah

CONDONG-ONLINE.COM-Tasikmalaya, Hari Sabtu dan Senin, 29 April 2017 dan 1 Mei 2017 telah diadakan supervisi mata pelajaran Nahwu kelas dua berbasis kitab jurumiyah di kelas Putra dan hari laiinya di kelas putri. Ada yang berbeda dengan metode pembelajaran yang diberikan. Dimana guru tidak menulis di papan tulis ataupun membawa kitab sebagai referensi pelajaran, namun ada aplikasi yang berperan sebagai penghubung penyampaian materi pelajaran antara guru dan murid.

Aplikasi yang didesain oleh Al Ustadz Agus Riyadi, S.Pd.I, mahasiswa pasca sarjana tingkat akhir Universitas Darussalam Gontor diuji coba pada santri dan santriwati SMP Terpadu Riyadlul Ulum Wadda`wah. Proses pembelajaran dilakukan selama 2 jam pelajaran dengan menggunakan laptop, infokus, sound system serta pointer. Hal ini merupakan hal baru sehingga para santri/wati antusias untuk pembelajaran kali ini. Hal ini terlihat dari semangat para santri/wati dalam merespon serta menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru mengenai materi yang diberikan.

"Metode pembelajaran ini membuat santri lebih tertarik dan antusias sehingga tidak membuat ngantuk," Ujar Ustadz Farid Muhammad selaku pengajar Nahwu di kelas Putra. " Metode ini memudahkan guru tanpa harus menulis," Ujar Ustadzah Siti Alfi selaku pengajar Nahwu di kelas Putri.

Visual yang menarik dengan materi singkat dan jelas membuat santri lebih mudah memahami materi yang diberikan. Audio yang membantu memperjelas tulisan dan pelafadzan yang sesuai, membuat santri lebih fokus dan memperhatikan lebih dalam.

Aplikasi ini masih dalam masa evaluasi dimana supervisi ini akan didapatkan evaluasi perdana untuk perbaikan selanjutnya. Aplikasi ini juga disosialisasikan kepada  guru bagian TI di Pesantren Riyadlul Ulum dan Da`wah agar bisa dipertimbangkan menjadi acuan pembelajaran Nahwu. (Hania)

 

Ustadzah Siti Alfi (Pengajar Nahwu)

Photo by : Zulfa Nurfauziyah

Perfotoan bersama (Ust. Agus Riyadi, Kamerawati supervisi, pengajar, serta santriwati supervisi)

Photo by : Zulfa Nurfauziyah

News and Event / News    Dibaca 459x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website