Pembentukan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Non Arab di Universitas Darussalam Gontor

Photo by : Condong-online.com

CONDONG-ONLINE.COM-PONOROGO, 18 Mei 2017 adalah hari ketiga berlangsungnya Pelatihan Pembentukan Kurikulum Pelajaran Bahasa Arab untuk Non Arab. Acara yang berlangsung dari tanggal 7-27 Mei 2017 ini diadakan oleh mahasiswa paska sarjana UNIDA Gontor semester 2. Peserta yang berasal dari berbagai daerah, golongan dan jenis dilatih langsung oleh Syaikh Dr. Samiir Bin Yahya Al-Mu`abar dari Arab. 

Pembukaan yang dihadiri oleh seluruh peserta, panitia, tutor, jajaran dosen serta Al Ustadz Hasan Abdullah Sahal selaku Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor yang menyampaikan sambutannya diawali dengan sambutan dari Dekan Fakultas Tarbiyah yakni Al Ustadz Dr. A bdul Hafidz Zain.


Photo by : Condong-online.com

Jadwal kegiatan yang langsung disusun oleh syaikh menjadi patokan pelaksanaan acara dimana acara tiap harinya berlangsung empat kali mulai dari sesi pertama dari pukul 08.00 hingga sesi terakhir yang berakhir pada pukul 21.30.

Peserta adalah delegasi dari berbagai pondok pesantren yang mendapat undangan kehadiran, mahasiswa USIM semester akhir, para mahasiswa paska sarjana UNIDA Gontor hingga dosen-dosen yang mengajar pada bidang bahasa arab.

Acara berjalan variatif, dimana penyusunan tempat selalu berubah dan menambah konsentrasi peserta serta tutor serta kegiatan yang berubah atmosfer pelaksanaan tiap harinya dengan materi yang baru dan teknik yang lebih mudah untuk diajarkan pada murid non arab.

Peserta bukan hanya memperhatikan, namun juga mempraktekan seperti apa yang syaikh ajarkan. Semua berkesempatan untuk maju dan menampilkan hasil pembelajaran yang telah didapat tiap harinya.

Interaktif, menjadi ciri utama kegiatan ini. Setiap selsai satu sesi, peserta diberi kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dan pada malam harinya peserta diberi waktu khusus dan luang untuk berdiskusi lebih dalam dan kompleks seputar pembelajaran bahasa arab atau hal-hal lain yang berkaitan.

Hania Novianty Nurahma, sebagai salah satu peserta pelatihan ini yang merupakan delegasi dari Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda`wah. Sebagai salah satu Staf LAC (Language Advisory Council) yang akan menyerap dan menerapkan ilmu baru dalam kurikulum pembelajarab bahasa arab di pondok setelah pelatihan usai. Salah satu peserta dan panitia dari Paska Sarjana UNIDA Gontor turut serta dalam pelaksanaan kegiatan ini yang juga pernah mengajar di Ponrok Pes antren Riyadlul Ulum Wadda`wah yaitu Ust. Rahmat Mulya,S.Pd.I dan Ust. Agus Riyadi, S.Pd.I.

 

Panitia (Ust. Rahmat Mulya), Hania Novianty, Peserta (Ust. Agus Riyadi) dan Ketua Panitia

Photo by : Condong-online.com

Semoga usainya pelatihan ini akan membawa pelaksanaan kurikulum pembelajaran bahasa arab di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda`wah dan maksimal penerapannya pada para santri. (Hania)

News and Event / News    Dibaca 700x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website