Pembekalan Intensif Santri Akhir: Bukti Kepedulian Pondok dengan Kiprah Alumni di Luar Kelak

Dok. Condong-online/suasana pembekalan intensif bersama KH. Asep Abdullah

CONDONG-ONLINE – Alumni menjadi elemen yang penting dari sebuah lembaga pendidikan, termasuk pesantren. Tentu saja, hal ini karena sosok alumni akan menjadi cerminan keberhasilan pesantren dalam mendidik para santrinya. Oleh karenanya, agar alumni memiliki falsafah kepesantrenan, dan berdaya saing tinggi di luar sana, perlu adanya program pembekalan yang intensif dari pihak pesantren.

Hal ini telah lama disadari pondok pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Condong. Setiap tahun, selepas rangkaian ujian santri akhir dari mulai USBN, UNBK, Ujian Pesantren, Ujian Praktek, dll, mereka akan disuguhi kegiatan Pembekalan Intensif. Agenda ini merupakan salah satu program unggulan di pesantren Condong.

Berlangsung sejak 25 April lalu, kegiatan ini dijadwalkan selama seminggu. Isinya, santri akhir akan mendapat wejangan dan pelatihan dari para ahli tentang berbagai bidang. Mulai dari nilai-nilai kepesantrenan, cara menembus Perguruan Tinggi Negeri, kewaspadaan terhadap pemikiran liberal, cara berwirausaha, cara menyikapi masyarakat di luar, dll. Pihak pondok pesantren mendatangkan langsung narasumber ahli di bidangnya. Seperti halnya pada bidang kewaspadaan terhadap pemikiran Liberal, panitia mengundang Randi Muchariman, S.IP. yang merupakan ketua Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) sekaligus aktivis. Begitupula dengan bidang lainnya.

Acara ini tidak dipungut biaya, dan sudah menjadi agenda tahunan. Hal ini membuktikan betapa pondok pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Condong sangat peduli dengan kiprah para alumni di luar sana. Diharapkan, dengan kegiatan ini, mereka mendapat bekal yang cukup untuk melanjutkan hidup di luar pesantren Condong. Dan tentu yang terpenting, alumni dapat menjaga nilai-nilai santri dan pesantren dalam setiap tindakannya.[Lena]

News and Event / News    Dibaca 468x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website