Amaliyah Tadris Perdana Siswa Akhir 2017 Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda`wah Condong

Ilustrasi : www.Pesantren-condong.net

Condong-Online.com -  Tharbiyah `Amaliyah (Praktek mengajar) yang merupakan hal wajib bagi seluruh siswa/i akhir Pondok Pesantren Condong telah dimulai. Diawali dengan `Amaliyah Tadris (Praktek mengajar) perdana yang dilaksanakan pada hari Senin, 6 Februari 2017, seluruh praktek mengajar bagi seluruh siswa/i lainnya pun segera dilaksanakan. 

Empat orang terpilih dari siswa/i akhir untuk mengemban amanat `Amaliyah Tadris perdana ini dibimbing dan diawasi dengan penuh perhatian dan persiapan yang matang oleh pembimbing dan panitia Tharbiyah `Amaliyah. Dua orang siswa terpilih yaitu Dafa Saeful M (Pelajaran Muthola`ah) dan Fahmi SM (Pelajaran Reading) dan dua siswi terpilih yaitu Arifah (Pelajaran Muthola`ah), Gina Nurkholilah (Pelajaran Reading).

Siswi Putri yang berjumlah 112 orang dibagi pada dua tempat dan 36 pembimbing dari Ustadzaat mengawasi pengajar perdana terpilih untuk menyiapkan dan menyampaikan kritikan setelah praktek selesai. Untuk Dua Pengajar Perdana, Kritikan (Intiqodat) diselsaikan dalam waktu sehari semalam. Begitu pula dengan siswa putra.

Berdasarkan pada salah satu sintesa Pondok Pesantren Condong selain Kurikulum 2013 dan Salafy, KMI (Kulliyatul Mu`alimiin Al-Islamiyaat) (Kaderisasi Pengajar Islam) yang berasal dari PMD Gontor menjadikan Tharbiyah `Amaliyah sebagai hal yang sakral, karena dari sinilah akan terbentuk pribadi pengajar yang berkualitas dan bertanggungjawab, walau tak semua siswa/i akan menjadi pengajar dikemudian hari.

Para siswa terbagi menjadi beberapa kelompok yang mana dari masing-masing kelompok akan terpilih satu orang untuk melaksanakan praktek mengajar tiap minggunya. Intiqodat (Kritikan) atas cara mengajar dilaksanakan oleh teman-teman sekelompok terhadap siswa terpilih untuk mengajar selang beberapa menit setelah praktek mengajar dilakukan. Untuk `Amaliyah Tadris perdana ini menghabiskan waktu sehari semalam untuk Intiqodat. Kritikan ini menjadi evaluasi yang membangun dan memberi gambaran pada teman sekelompok lainnya yang belum melaksanakan praktek mengajar.

News and Event / News    Dibaca 574x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website