Kenikmatan yang Mencukupi – Kandungan Q.S. An-Naba’ 31-36

Ilustrasi: kingsofwallpaper.com

CONDONG-ONLINE - Setiap pilihan ada konsekuensinya. Begitupun dengan pilihan untuk mentaati perintah-Nya dan berjalan atas syariat-Nya. Jika dalam Q.S. An-Naba’ ayat 21-30 Allah menggambarkan betapa pedihnya siksa neraka, maka dalam penggalan ayat selanjutnya, Dia melukiskan indahnya tinggal di surga. Allah menggambarkan surga dengan kebun-kebun yang di dalamnya terdapat buah-buahan yang ranum, termasuk anggur yang sangat spesial. Selain itu ada perempuan-perempuan cantik sebaya dan gelas-gelas yang diisi penuh dengan minuman yang lezat.

Sekilas gambaran tersebut sama halnya dengan “kenikmatan” terlarang yang ada di dunia, yaitu para pelacur dan minuman keras dalam pesta seks yang penuh dengan hawa nafsu. Namun, dalam penggalan ayat selanjutnya Allah swt menjelaskan lebih jauh bahwa kenikmatan tersebut bukanlah atas dasar hawa nafsu karena di sana tidak akan ditemukan perkataan-perkataan yang sia-sia dan dusta yang timbul dari hawa nafsu. Hal ini beda dengan apa yang terjadi di dunia, di mana pesta seks tentu identik dengan perkataan kotor tersebut.

Tentunya, kita tidak bisa mengimajinasikan apa yang sebenarnya terjadi di surga dengan apa yang kita rasakan di dunia ini. Karena pada hakikatnya, apa yang terjadi di sana tidak pernah terlintas dalam pikiran, terdengar oleh telinga dan terlihat oleh mata kita di dunia. Artinya, kita serahkan kepada Allah tentang apa yang akan terjadi di sana. Yang penting, kita bisa lihat bahwa nikmat yang Allah berikan di surga sangatlah besar dan mencukupi. Bahkan lebih dari cukup.

Dan ini menjadi hadiah terindah bagi orang-orang yang mau menaklukan hawa nafsunya dan bersedia untuk berjalan di atas syariat-Nya. Wallahu a’lam. [Syahruzzaky]

Kajian Islam / Tafsir    Dibaca 394x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website