Komunitas Sastra dan Kepenulisan Gelar Sarasehan Sastra

Foto: dok. condong-online

CONDONG-ONLINE – Geliat literasi khususnya dalam bidang kepenulisan dan sastra terus mengalami peningkatan di pesantren Condong. Eksisnya komunitas sastra dan kepenulisan Matapena dengan jumlah anggota mencapai 100 orang menjadi salah satu buktinya. Komunitas yang juga dijadikan ekskul pilihan ini sudah terbiasa mengadakan latihan rutin dan sesekali mmengundang narasumber dari luar.

Seperti pada hari Kamis, (21/09) ekskul Matapena mengundang alumni yang dulunya juga sempat menjadi anggota Matapena, yakni Salma Nabila Mawarni, seorang seniman yang juga mahasiswi di UNSOED.

Sarasehan sastra ini berlangsung pukul 16.00-17.30 WIB bertempat di gedung Ibnu Malik. Puluhan anggota matapena mengikuti kegiatan ini. Sempat memperkenalkan diri di awal, Salma mengaku menyukai dunia seni sejak SD. Kini ia aktif menjadi deklamator puisi dan melukis, meski jurusan kuliahnya sendiri adalah ekonomi.

Sejak awal membuka acara, Salma menjelaskan betapa pentingnya menghargai budaya bahasa dan sastra Indonesia. Karena ia sendiri sudah malang melintang dalam dunia ini, dan terbukti saat meperkenalkannya ke kancah internasional, yakni di Singapura, budaya Indonesia begitu disukai. Dan berkat kecintaannya pada budaya seni, ia bahkan berkesempatan mengunjungi Korea Selatan lantaran diundang menjadi pengisi acara seminar kebudayaan di sana.

Oleh karenanya, pengalaman gadis kelahiran Tasikmalaya, 08 April 1997 ini pun sangat menginspirasi peserta sarasehan. Ditambah Salma pun tak segan menampilkan kebolehannya mendeklamasikan puisi “Cahaya dalam Kelam” karya Putu Wijaya di hadapan peserta, membuat mereka semakin terpana dan tampak antusias.

Ketika banyak peserta yang bertanya tentang bagaimana teknis pembacaan puisi yang baik, Salma menjelaskan bahwa intinya adalah penghayatan, pelafalan dan ekspresi. Adapun gaya pembawaan bisa disesuaikan dengan karakter masing-masing.

Terakhir, Salma sempat melemparkan sejumlah pertanyaan kepada peserta. Peserta yang berani menjawab berkesempatan mendapat hadiah darinya. [Lena]

Community / Matapena    Dibaca 249x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website