Nilai Tarbiyah Amaliyah; Amanatul Ilmi Wal Ulama`

Diantara nilai-nilai yang terdapat pada tarbiyah amaliyah adalah amanatul ilmi wal ulama. Dimana seorang guru yang baik harus mampu menyampaikan (tabligh) amanah ilmiyah ini dengan mengajar sebaik-baiknya. Artinya, materi yang disampaikan harus benar-benar dikuasai sehingga dengan maksimal dapat disampaikan 100%. Dalam sejarahnya, sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi. Para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham. Mereka mewariskan ilmu. Siapa saja yang mengambil ilmu berarti telah mengambil bagian yang banyak lagi sempurna. Maka, barang siapa yang mengajar dengan baik, sejatinya ia mengambil peran sebagai seorang ulama.

Ulama’ adalah orang-orang yang diwarisi nabi dalam menjaga dan mensyiarkan ajaran agama Islam. Menyebarkan ilmu pengetahuan pada umat agar tetap berpegang pada kebenaran al-Qur’an dan al-Sunnah. Ulama berperan mendidik dan mengajarkan ilmu-ilmu kepada umat agar mereka selalu berada pada lajan yang lurus. Kita sampai saat ini masih tetap beragama Islam tidak lepas dari peran para ulama yang selalu setia menegakkan ajaran Islam. Tanpa adanya ulama, kita tidak pernah mengenal Islam.

Alhasil, Tarbiyah amaliyah mempunyai nilai tersendiri dalam menguji siswa akhir KMI, secara tidak langsung ia mengajarkan tentang amanatul ilmi yang mana harus disampaikan dengan baik. Disisi lain juga mengajarkan tentang urgensi atau peran utama dari seorang ulama yang mengajarkan ilmu. Jika mereka mempersiapkan (I’dad) sebelum mengajar dengan matang, maka ia akan mengajar dengan penuh percaya diri sehingga amanat yang disampaikan mengena sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Itulah amanatul ilmi wal ulama. Wallahu A’lam (Azam)

 

Community / Guru Menulis    Dibaca 134x


Artikel Lainnya


Beri Komentar

  • TENTANG KAMI

    Majalah online seputar berita dan artikel tentang kajian/dunia islam, tips & inspiration, family, event, radio online, dll.

  • CONDONG-ONLINE.COM

  • Pengunjung Website